Kamis, 02 Juli 2020

Tips Pengukuran Ceah Busi Baru


Assalamu'alaikum wr wb

Tips Pengecekan Busi Baru
Sudah jadi kebiasaan dalam setiap prosedur tune-up, busi diganti baru untuk menghasilkan performa ideal. Soalnya busi dalam kondisi fit, sehingga percikan busi di ruang bakar bisa maksimal sehingga pembakaran berlangsung baik. Sayangnya, tune-up bisa jadi sia-sia, lantaran pemilik mobil maupun tuner kerap mengabaikan prosedur pengecekan busi. Bukan apa-apa, busi gres tak selalu siap pakai.

Ternyata busi yang masih baru tak semuanya menjamin percikan api besar. Hal ini karena busi adalah buatan pabrik yang biasanya kontrol kualitasnya bisa terlewat.

Pengecekan yang harus dijalankan, yakni mengecek setiap celah busi untuk memastikan semua busi dalam kondisi sama. Lazimnya celah antara 0,75-0,9 mm tergantung jenis mobil.

Untuk melakukan prosedur ini gunakan perangkat feeler yang bisa diperoleh seharga Rp 25 ribu, untuk memeriksa celah busi yang direkomendasikan. Kondisi ideal, yakni ketika lidah feeler (semisal lidah 0,75mm) terasa agak seret (tidak longgar) saat digeser di antara katode dan anode busi. Lakukan hal sama untuk semua busi. Sesudahnya, silakan tancapkan ke mesin.

Semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum wr wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar