Assalamu'alaikum wr wb
Para Dixie Mania dan pecinta otomotif bahwa ban mobil meskipun masih baru dibeli akan tetapi tidak menjamin ban itu baru keluar dari pabrik? mengapa, karena bisa jadi ban tersebut sudah lama di bengkel/ toko ban.
Ban adalah bagian yang vital dari kendaraan, baik motor maupun mobil. Oleh karena itu Anda harus cermat dalam memilih ban untuk kendaraan agar sesuai dengan spesifikasi kendaraan dan peruntukkannya.
Ban yang layak dipakai adalah tak lebih dari 3 tahun sejak diproduksi atau idealnya kurang dari 2 tahun, artinya ban mobil yang lebih dari 3 tahun berada di toko ban sudah tidak layak dipakai dan rugi jika anda membelinya.
Ban mobil bahan utamanya adalah karet yang mana karet rentan getas/ kehilangan daya kelenturannya seiring dengan waktu, ban mobil yang terlalu lama di toko misalnya lebih dari 2 tahun (misalnya 3-5 tahun) maka ban akan mengeras sehingga daya arbsorbsi/ daya serap terhadap benturan menjadi berkurang, daya cengkram ke aspal juga berkurang sehingga ban tidak lagi dalam performa maksimalnya.
Nah kali ini kita akan mengupas bagaimana mengetahui kapan ban tersebut di produksi! Tiap ban mobil pada bagian dinding ban tertera kode-kode yang mengisyaratkan sepsifikasi ban mulai kode kecepatan maksimum yang bisa dicapai ban, kode kemampuan membawa beban, tipe dan peruntukan ban sampai tanggal produksi ban.
Semua ban memiliki serangkaian kode khusus yang menginformasikan spesifikasi ban tersebut. Kode tersebut meliputi ukuran/dimensi, tahun produksi, ukuran tekanan (PSI/pounds per Square Inch), dan maksimal rotasi kecepatan, serta ukuran tekanan beban, dan suhu maksimal saat berputar.
Cermat membaca kode ban pada kendaraan, maka Anda telah melakukan langkah pertama untuk berkendara dengan aman. Banyak sekali kasus kecelakaan yang terjadi karena tak cermat ketika memilih ban.
Komposisi ban dijelaskan oleh kode alfanumerik yang umumnya dicantumkan pada dinding ban bagian terluar.
Kode ban telah berkembang seiring teknologi yang diusung produsen selama bertahun-tahun, hal tersebut terkait dengan campuran kompon karet sebagai bahan dasar ban, serta pengembangan untuk memaksi malkan tingkat ketahanan suhu, atau biasa dikenal dengan Uniform Tire Quality Grade (UTQG), seperti yang dijelaskan oleh Tirerack.com.
Kode pada ban mobil
Di sisi pinggir bagian luar ban mobil tertera rangkaian angka dan huruf yang semuanya mempunyai arti tertentu. Bagi Anda yang masih belum tahu cara membaca maksud dari angka dan huruf tersebut, berikut ada penjelasannya seperti dipaparkan situs resmi Bridgestone dan Discounttire.com.
Sebagai contoh, misalnya ban mobil Anda berkode 195/50R16 84V.
195: menunjukkan lebar nominal bagian ban dalam ukuran milimeter.
50: menunjukkan rasio aspek, sebuah perbandingan bagian tinggi ban dengan lebar bagian nya (50 menunjukkan tingginya 50% dari lebarnya).
R: menunjukkan konstruksi ban dengan lapisan radial.
16: menunjukkan diameter nominal penggunaan pelek roda (16 inci)
84V: adalah simbol yang menunjukkan kapasitas maksimum beban dan kecepatan ban yang secara aman dapat dioperasikan. Angka 84 merupakan beban maksimum 450-580 kg per ban, dan V merupakan kecepatan maksimum 240 kmh.
Di bawah ini adalah arti dari kode batas kecepatan dan beban maksimal pada ban:
Kode Kec. maksimal (km/jam)
P 150
Q 160
R 170
S 180
T 190
H 210
V 240
W 270
Y >300
Kode Beban Maksimal (kg)
62 265
63 272
64 280
66 300
68 315
70 335
73 365
75 387
80-89 450 - 580
90-100 600 - 800
Kebanyakan ukuran ban diberikan menggunakan sistem ukuran ISO Metric. Namun, untuk beberapa truk pick-up dan SUV menggunakan sistem Light Truck Numeric.
Kesimpulannya, Bijak dalam membeli ban dan jangan tergiur harga murah karena masa produksinya telah jauh yg akan mengakibatkan kerugian dan keadaan yg tidak di harapkan, jgn pula tergiur dgn beli velg sekalian ban karena check dahulu umur ban yg terpasang, walaupun bunga ban masih bagus, lbh baik beli velg kosong dari pada beli velg dgn ban yg telah berumur.
Check batas kecepatan yg tertera pada ban, jgn kita pacu dalam kecepatan tinggi sementara yg tertera pada ban adalah batas kecepatan maksimal, juga beban ban untuk di cermati kapasitas maksimal daya brban ban.
Kode Tahun pembuatan Ban atau tanggal produksi ban tertulis pada dinding ban dalam 4 digit angka (misalnya X 1815) yang bisa diartikan bahwa 2 digit pertama adalah minggu dan dua digit terakhir adalah tahun, ambil conton kode ban adalah 1815 maka bisa diartikan ban tersebut diproduksi pada minggu ke 18 tahun 2015 yakni sekitar Awal Bulan Mei 2015.
Perhatikan tanggal saat pecinta otomotif membeli ban, jika sekarang misalnya awal tahun 2020 maka lihat kode pembuatan ban jangan sampai membeli ban dengan kode tahun pembuatan lebih tua dari 2017, jika tahun pembuatan 2018 itu artinya ban masih layak pakai dan masih bagus.
Ban dikatakan masih baik
Setelah dipakai biasanya ban juga memiliki umur tertentu sehingga masih bisa dikatakan bagus, antara lain:
- Usia pemakaian tidak lebih dari 3 tahun, ban yang telah dipakai selama 3 tahun maka cenderung mengeras dan kehilangan elastisitasnya meskipun ban masih tebal akibat jarang dipakai. Akibatnya ban tidak lagi nyaman digunakan.
- Penggunaan ban tidak lebih dari 40 ribu kilometer, meskipun ban baru setahun atau 2 tahun akan tetapi jika pemakaian ban telah melebihi 40 ribu kilometer itu artinya ban sudah selayaknya diganti. Untuk pemakaian normal biasanya 40 ribu kilometer itu tercapai setelah 3-4 tahun. Kebanyakan mobil menyentuh 20 ribu kilometer setelah 2 tahun.
- Ketebalan tapak ban tidak melebihi batas minimum segitiga TWI, segitiga TWI ini bisa dilihat pada gambar dibawah ini
Nah selain patokan-patokan diatas juga ada kondisi-kondisi kerusakan ban karena keadaan tertentu yang juga harus diganti misalnya ban benjol, ban sobek dan lain-lain. kerusakan-kerusakan ban bisa dilihat sebagai berikut.
Kebiasaan dalam memperlakukan ban juga turut andil memperpanjang usian ban mobil misalnya tidak sering memarkir mobil di tempat yang panas, memberikan tekanan angin yang ideal pada ban serta selalu menjaga kebersihan ban.
Menjaga kebersihan ban dan menjaga suhu tidak terlalu panas dapat mencegah ban getas dalam waktu singkat, sedangkan menjaga tekanan angin ideal dapat menjaga ban dalam kondisi yang optimal cukup lama.
Demikian semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar