Kita kadang sering melihat saringan udara kita lengket dan terasa ada olie, na kitaa bisa melihat dari bentuk filter udara yang berubah menjadi kecoklatan dengan mengeluarkan bau oli. Sehingga ini dapat disimpulkan kalau filter udara pada mobil tidak kotor karena debu, melainkan ada oli mesin yang naik
Ketika sampai terjadi oli naik ke filter maka ini bisa menyebabkan mesin mobil terasa sangat berat. Hal ini terjadi karena aliran udara terhambat dan bisa menyebabkan oli keluar ke ruang bakar. Muncullah asap putih yang tebal keluar dari knalpot, dan apaibla kita buka dipstik maka akan keluar uap putih tipis
Kita jangan buru buru pusing dengan keadaan tersebut, bisa jadi bukan disebabkan karena kompresi mesin bermasalah atau seal klep bocor, artinya kita sudah beranggapan akan mengeluarkan sejumlah dana untuk perbaikannya, kita bisa lakukan sendiri tanpa perlu ke bengkel
Tentunya saat ini kita mulai penasaran, apa saja penyebab oli naik ke filter udara? Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa penyebab oli mesin naik ke filter udara dan solusinya.
- Selang PCV atau Positive Crankcase Ventilation merupakan salah satu selang yang berfungsi untuk menyalurkan hasil uap bahan bakar yang ada di bak engkol (crankcase). Jadi pada dasarnya daripada uap bahan bakar ini terbuang sia-sia maka akan ada manfaatnya ketika disalurkan lagi pada intake manifold sehingga bisa ikut terbakar. Namun kadang-kadang tidak hanya uap yang terbakar, ada juga uap oli mesin yang ikut terbakar. Ketika uap bahan bakar dan uap oli terlalu banyak maka inilah yang menyebabkan oli mesin bisa naik sampai ke filter udara.
- Penyebab oli mesin bisa naik ke filter udara selanjutnya adalah adanya setelan katup yang tidak sesuai. Contohnya setelan katupnya terlalu rapat maka bisa menyebabkan kebocoran saat kompresi. Ketika ada kebocoran maka pasti ada campuran bahan bakar oli dan udara yang akhirnya ikut naik ke filter udara.
- Penyebab lainnya adalah pengisian oli pada kendaraan melebihi kapasitas dan daya tampung mesin sehingga mengakibatkan oli dan uap oli akan meluber atau berlebihan dan mengakibatkan terjadinya pembungan oli yang berlebihan.
Solusinya
- Check sarngan PCV nya apabila mampet maka segera ganti selang tersebut agar saluran pembuangan dapat lancar ke manifold
- Kalau ada dana lebih ganti selnag air breater di kepala mesin dengan filter air breather agar pembuangan uap oli tidak langsung ke saringan udara karburator tapi di saring di Air breather
- Isilah oli mesin sesuai kapasitas nya jangan berlebian, dan pergunakan vescosity atau kekentalan SAE yang di isaratkan jangan pergunakan oli yang bukan di persyaratkan terutama oli yang lebi rendah SAE nya maka penguapan oli akan semakin cepat
Demikian yang dapat saya share terima kasih
Wassalamu alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar