Sebelum kita membaas bagaimana cara mengecek kerusakan bearing rida depan baiknya kita ketahui dulu fungsi dari bearing, Fungsi bearing sendiri adalah menjaga agar poros ban atau as roda tidak langsung bergesekan dengan rumah roda. Komponen ini juga didesain minim friksi, sehingga ketika roda berputar bisa terjaga stabil. Lantas bagaimana cara mendeteksi kerusakannya?
Gejala keausan kerusakan atau longgar dudukan bearing ditandai dengan Dengungan pada kecepatan tertentu menjadi ciri awal nya ada masalah dengan bearing roda. Suara gemuruh yang ditimbulkan akibat ini pada laher atau bearing ini biasanya akan terdengar semakin keras saat kecepatan mobil meningkat. Dan biasanya suara gemuruh akan masuk ke kabin dan cukup mengganggu.
Cara cek laher atau bearing yang rusak
- Berikutnya adalah dengan mendongkrak mobil. Ketika mobil sudah didongkrak, yang perlu Anda lakukan berikutnya adalah memutar roda. Ketika roda sedang dalam posisi berputar, segera pegang bagian sokbreker atau low arm. Jika terjadi kerusakan pada laher roda maka Anda akan merasakan getaran pada bagian kaki-kaki mobil itu.
- Selain itu, Anda juga bisa mengetahui kerusakan bearing roda dengan melihat adanya gesekan antar logam yang tidak di beri pelumas.
- Putarlah roda kendaraan jika ban terasa berputar dan bergerak tidak wajar seperti oblak atau oleng maka bisa dipastikan bearing roda ada masalah atau sudah rusak.
- Cara mengetahui laher atau bearing yang rusak selanjutnya adalah dengan cara memegang ban mobil bagian atas dengan satu tangan, lalu pegang bagian bawah ban dengan tangan lainnya dalam posisi mobil sedang didongkrak, lakukan menggoyang ban ke atas dan kebawah Semakin parah oblaknya maka semakin parah bearing roda tersebut
- Buka Ban keseluruhan dan buka juga dop penutup bearing, ambil kunci 21 dan coba kunci kembali bearing yang oblak tadi dan penguncian jangan terlalu kencang cukup hingga roda bisa berputar baik, dan apabila sudah di kunci dan keadaan roda tetap oblak maka kemungkina bearing sudh aus dan minta di ganti
- Perhatikan ruma bearing atau NAP kemungkinan juga sudah aus, kalau ini terjadi walaupun bearing diganti tetapi tetap oblak, maka kemungkinan NAP atau ruma bearing sudah aus, dan segera arus diganti
- Untuk bearing corolla DX L45449-l45410 dan LM11749-LM117410 merk Koyo, NTN, Nachi, NSK harga sekitar 125 sampai 175 ribu 1 set
- Kalau dibiarkan terus tanpa segera menggantinya, bisa-bisa kerusakannya merembet ke komponen lain dan kemungkinan terbesar adalah kerusakan pada NAP atau rumah bearing Karena saat roda goyang akibat bearing yang rusak maka posisi bearing akan menggerus rumah bearing atau NAP nya dan untuk NAP Corolla DX harganya sekitar 900.000 sepasang
semoga bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar