Kamis, 14 Mei 2020

Alasan Penggantian Tutup dan Rotor Delco

Assalamu'alaikum wr wb

Salah satu hal yang membuat mobil nglitik adalah mangkuk dan distributornya yang sudah aus, Memang banyak hal yang dapat menjadi penyebab kendaraan / mobil mengalami ngelitik. Tapi secara umum penyebab ini semua pada prinsipnya adalah tidak lancarnya 3 hal kedalam ruang pembakaran. Yaitu udara/oksigen , bahan bakar dan pengapian, Nah yang kita bahas adalah persoalan pengapian kendaraan.

Pengecekan Pengapian  antara lain meliputi 
  • Kondisi Koil, pastikan Koil masih hidup.
  • Kabel koil ke delko/ distributor.
  • Kabel-kabel dari delco ke busi harus baik
  • Kondisi busi-busi harus menyala.
  • Kondisi Delco / distributor harus baik.

Nah setelah keseluruhan kondisi diperiksa ditemukan ternyata rotor delco sudah aus dan sudah waktunya diganti. Masalah yang terjadi adalah ketika rotor delco sudah aus, maka posisinya memendek yang menyebabkan logam rotor yang berputar tidak mengenai 4 titik logam yang diam di penutup delco. Idealnya rotor harus tinggi untuk menjangkau titik logam tersebut. Inilah penyebab listrik dari koil tidak lancar menuju busi. Salah satu gejalanya ketika mesin dalam kondisi hidup, terkadang muncul dregdeg dan ada bunyi cetrek dari delco. ini menandakan terputusnya aliran listrik. 

Perlu diketahui bahwa beberapa gejala yang terjadi pada kerusakan tutup dan rotor distributor ada yang mirip dengan kerusakan komponen lainnya. Jadi hal ini tidak bisa dianggap sepele karena jika salah diagnosa maka mobil Anda tidak akan bisa diperbaiki dan biaya perbaikan akan membesar. Selain itu, sebaiknya Anda jangan memeriksa distributor sendiri dengan menyalakan mesin tanpa mengetahui proses kinerja karena distributor juga mengalirkan tenaga listrik yang tinggi. Jika Anda mendapatkan suatu masalah atau hambatan saat menstarter mobil, segera jadwalkan pengecekan untuk mencegah kerusakan yang lebih dalam.

Tutup dan rotor distributor adalah komponen utama dalam distributor. Saat mesin mobil berjalan, ignition coil atau koil akan menghasilkan tegangan tinggi dan dikirim distributor. Rotor distributor lalu akan berputar, membuat percikan bunga api, dan membagikan percikan itu ke tiap busi melalui kabel busi. Lalu busi menggunakan percikan tersebut untuk membakar bahan bakar, dan karena inilah mobil Anda bisa tetap berjalan. Tutup dan rotor distributor merupakan komponen yang harus dijaga kebersihannya, dengan melakukan inspeksi kebersihan dapat menjaga dan memperpanjang masa pemakaian tutup dan rotor distributor mobil Anda. Perhatikan pula apakah ada kerusakan kabel, bekas terbakar biasanya berwarna hitam pada sambungan tutup dan rotor distributor secara visual untuk mengecek apakah ada kerusakan atau tidak.

Jika rotor distributor dan tutup distributor rusak, tegangan dari ignition coil atau koil tidak akan didistribusikan ke busi, dan mesin Anda akan mengalami masalah saat berjalan. Bahkan ada kemungkinan mobil Anda tidak akan berjalan sama sekali jika distributor Anda bermasalah. Salah satu penyebab kerusakan pada tutup dan rotor distributor adalah kendaraan begitu dinyalakan langsung dikendarai. Atau dengan temperatur yang dingin mobil dinyalakan dan langsung digunakan dapat merusak tutup dan rotor distributor. Hal lain yang umum terjadi adalah distributor tidak bisa mendistribusikan bunga api ke seluruh sirkuit, sehingga mesin tidak bisa menyala pada kondisi ini. Segeralah menghubungi mekanik kami jika permasalahan seperti ini muncul pada mobil Anda.

Solusi nya tidak usah mengganti delco secara keseluruhan karena bukan hanya mahal, melainkan bagian yang diganti cukup sebagian saja. Ganti lah rotor delco dengan yang baru. Harganya sekitar 80-100 ribuan. Tidak sulit menggantinya, cukup mencabut rotor lama dari tempatnya, lalu pasangkan rotor baru ke tempatnya. kita akan temukan perbedaan ketinggian rotor lama dengan yang baru.

Gejala yang menunjukkan bahwa mobil Anda perlu ganti tutup dan rotor distributor:
  1. Mobil sama sekali tidak bisa distarter atau membutuhkan waktu lama untuk bisa distarter
  2. Timbul suara abnormal dan bising pada mesin mobil
  3. Lampu cek engine menyala
  4. Mesin macet sehingga terkadang hidup dan tiba-tiba mati
  5. Suara Mesin Mbrebet dan seperti aliran BBM tersendat.
  6. Rotor Distributor sperti gosong, walaupun sudah di bersihkan dengan amplas beberapa har kemudian akan mundul tanda gising pada Rotor.

Demikian semoga bermanfaat

Wassalamu'alaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar