Assalamu'alaikum wr wb
Pernah teman bertanya kepada saya dengan membawa unit nya untuk sekedar sharing, kenapa mobilnya selalu bergetar pada posisi idle dan ketika AC dihidupkan, setelah kita lakukan pemeriksaan ternya pada kendaraan tidak dipasang Idle up, juga katup pembuang dari manifold intake masih di tutup rapat dengan baut, nah ini lah sumber permasalahannya, kemudian teman saya suruh ke tukang AC mobil agar memasang idle up dan membuka serta membuat dudukan untuk intake manifold, untuk dudukan selang sebagai sarana penyalur udara ke idle up
Biasanya mobil yang dilengkapi AC sering mengalami mati atau bergetar hebat saat menanti lampu hijau traffic light menyala. Bila ini terjadi, kemungkinan sistem idle up-nya tak ada atau tidak bekerja secara benar. Jika masalah tersebut terjadi pada Anda, maka yang pertama jangan panik. Penyebab mesin menjadi bergetar dan tidak stabil saat AC dinyalakan, bisa disebabkan karena masalah pada sistem idle upnya. Maka Anda dapat melakukan pemeriksaan sederhana, yaitu coba matikan AC dan periksa apakah mesin masih bergetar atau tidak.
Kemudian nyalakan AC, apakah putaran mesin naik atau tidak. Jika tidak, maka masalahnya memang di sistem idle upnya. Jika AC nyala seharusnya sistem idle up bekerja untuk menaikkan putaran mesin, misalnya putaran stasioner mesin adalah 800 rpm, ketika AC dinyalakan seharusnya putaran mesin naik sekitar 1.000 rpm.
Idle up atau penaik tekanan gas pada karburator harus dipasang pada mobil yang memakai AC karena saat dioperasikannya AC, putaran mesin menjadi berkurang karena dibebani kompresor AC. Putaran mesin yang tiba-tiba dibebani kompresor, biasanya tidak begitu berpengaruh bila pedal gas diinjak atau mobil sedang berhenti (idling) karena mesin menjadi berat dan tiba-tiba mati.
Keadaan itu, tentu saja, sangat merepotkan. Berkendaraan menjadi kurang nyaman karena kaki tidak bisa istirahat meski mobil berhenti menunggu lampu hijau. Jalan satu-satunya adalah mematikan AC dan membuka kaca pintu bila akan berhenti lama. Namun cara ini tentu tidak nyaman dan menjadi rawan kejahatan dan penumpang pun terkena polusi gas buang kendaraan lain. Namun para perancang AC tidak kehabisan akal untuk mengatasinya. Dibuatlah sebuah piranti yang berfungsi secara otomatis untuk menaikkan putaran mesin bila kendaraan dalam keadaan seperti itu. Komponen yang diciptakan itu disebut idle up.
Idle up terdiri atas vacuum selenoid valve (VSV) dan aktuator. Kedua alat ini dihubungkan ke sistem pembakaran pada mesin mobil. Pada manifold mesin mobil biasanya telah disediakan selang saluran isap. selang isap itu ditambah selang T kombinasi untuk bisa menggerakkan tabung aktivator yang telah dihubungkan dengan selang ke VSV. Pada saat AC mobil dihidupkan, putaran mesin langsung turun. Ini menyebabkan kebutuhan udara di dalam ruang bakar menjadi naik, yang disedot oleh kompresi melalui tenggorokan karburator. Supaya mesin berputar normal, dibutuhkan suatu peranti untuk menaikkan tuas karburator, inilah tugas utama idle up.
Sistem idle up tidak bekerja bisa jadi karena sistem sensor dan aktuator yang tidak bekerja. Masalah yang lain ditimbulkan jika idle up tidak bekerja, bukan hanya akan membuat mesin bergetar, tapi bisa saja AC menjadi kurang dingin.
Logikanya, kenapa jika idle up tidak bekerja, maka akan membuat mesin tidak stabil dan bisa mati. Itu disebabkan karena jika AC on, maka beban akan bertambah. Yaitu beban untuk memutarkan kompresor AC karena berputar dengan rpm yang rendah, maka kemampuan kompresor untuk memberikan tekanan pada freon (refrigerant) untuk bersirkulasi menjadi lemah juga sehingga AC menjadi kurang dingin.
Maka dari itu, jika sistem idle up sudah dipastikan tidak bekerja langsung, lakukan langkah perbaikan pada bengkel-bengkel service terdekat. Memperbaiki mobil bergetar saat AC nyala, idle up AC berfungsi dengan baik. Akan tetapi karena tenaga mesin kurang ketika AC dinyalakan mesin bergetar.
Demikian semoga Bermanfaat
Wassalamu'alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar