Assalamu'alaikum wr wb
Untuk meningkatkan tenaga mesin banyak pemilik mobil mengganti saluran gas buang atau header knalpot. Untuk mesin mobil dengan 4 silinder biasanya ada beberapa pilihan Header atau manipol merupakan bagian exhaust sistem mobil yang berada di blok mesin. Manipol pada umumnya menyatukan 4 lubang pembuangan dari mesin dan Berdasarkan ukurannya header modifikasi terbagi menjadi 2 jenis:
a. Header pendek
Header ini merupakan header yang ukuran panjangnya sama dengan panjang manipol standart. Header jenis ini terdapat beberapa formasi yakni 41 pendek, 4-2-2, dan 4-3-1, berikut penjelasan nya
- Header 4-1 pendek header ini seukuran dengan manipol standar, kelebihan dari performa header iniadalah enak dipakai untuk tarikan bawah, sangat responsif untuk tarikan awal, kelebihan lain dari header ini adalah header ini bisa dibuat bolt on artinya pemasangan hanya menggunakan baut tanpa harus merubah dudukan exhaust sistem mobil
- Header 4-2-2, header ini merupakan header modifikasi yang diharapkan menghasilkan suara stereo dan performa tarikan bawah menjadi lebih enak
- Header 4-3-1, header ini dimodifikasi dengan harapan menghasilkan suara pincang (suara seperti Harley) untuk performa mesin header ini menghasilkan performa tidak terlalu jauh beda dengan manipol standart
b. Header panjang
Header panjang merupakan header modifikasi yang dibuat menggunakan pipa yang berukuran lebih panjang dari ukuran standartnya. header jenis ini ada 2 formasi yakni 4-1 panjang dan 4-2-1 panjang, berikut penjelasannya
- Header 4-1 panjang merupakan header modifikasi yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menghasilkan performa mesin yang eanak dipakai untuk tarikan atas, kelebihan dari header ini adalan nafas mesin lebih panjang sehingga lebih memaksimalkan kemampuan mesin dalam memacu kendaraan. Jalanan kosong dan lurus sangat enak menggunakan header ini. Panjang header masing masing kendaraan berbeda tergantung dari ruang yang tersedian di dalam mobil.
- Header 4-2-1 Panjang merupakan header modifikasi yang diharapkan kendaraan menjadi enak dipakai saat tarikan atas dan tarikan bawah. Header ini juga cocok digunakan untuk mobil matic
Jadi bagi teman teman yang akan memasang header bagi kendaraan nya semoga sedikit tulisan ini bisa membantu
Demikian semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar