Minggu, 19 April 2020

Kabel Busi Menghitam

Assalamu'alaikum wr wb,

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman kepada teman teman, kenapa busi mobil kita selalu menghitam?, pada tulisan terdahulu sudah kita bahas kenapa busi menghitam dan basah,  karena pencampuran BBM yang tidak tepat pada Karbrator, Timing ignition delco yang kurang tepat dan lain lainnya.

Bagi anda pengendara mobil mungkin sering mengalami busi menghitam sehingga mesin menjadi tidak berfungsi dengan baik. Kali ini kita akan bahas tentang penyebab busi mobil cepat mati. Namun ada baiknya dulu kami memberikan informasi tentang tugas dan fungsi busi bagi mobil.

Busi adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan. Busi sangat penting untuk sistem pengapian mesin mobil dan juga motor. Bagian ini memiliki fungsi dan tugas untuk memercikan api pada ruang pembakaran, sehingga bahan bakar dan udara bercampur menjadi gas kemudian terbakar dan menghasilkan tenaga yang keluar lewat percikan api tersebut.

Kadan kala kita sebagai pemilik kendaraan tidak memperdulikan kondisi busi, hanya tinggal hidupkan mesin dan memakainya. padahal komponen ini seperti yang diatas telah disampaikan adalah sangat penting.

Bahan Bakar yang masuk berlebihan. Bahan bakar berlebihan ini terjadi pada isapan sebuah mesin dimana piston bergerak dari TMA ke TMB dan menghisap bahan bakar serta udara. Setingan bahan bakar pada karburator yang sangat besar ini bisa menjadikan sebuah busi cepat mati. Busi menjadi basah sehingga tidak menghasilkan percikan yang baik. Ini sering dialami oleh kendaraan yang masih menggunakan karburator.

Oli Masuk di Pembakaran. Masuknya oli ke runag pembakaran karena piston atau dinding piston yang sudah mengalami goresan. Ini membuat oli dari mesin masuk kedalam ruang pembakaran. Ini bisa menghambat pembakaran dan juga membuat busi menjadi cepat mati. Biasanya ciri-ciri oli yang masuk keruang pembakaran muncul asap putih tebal pada knalpot saat mesin dinyalakan. nah apabila busi menghitam tapi tidak basah kita perlu mencari akar pemasalahannya

Konsleting di sistem pengapian bisa menjadi penyebab busi menghitam dan akhirnya mati. Kondisi ini bisa merembet ke bagian lainnya seperti koil, CDI/platina, dan spul yang membuat cepat mati. Perawatan pada sistem pengapian juga harus dilakukan secara berkala agar supaya tidak terjadi pada komponen lainnya yang menyebabkan mobil anda tidak bisa lagi dinyalakan.

sebaiknya lakukan pemeriksaan secara seksama pada pengapian nya antara lain

  1. Check kerenggangan platina apabila kendaraan kita masih menggunakan platina dengan kerenggangan 0,35 mm
  2. Check juga pemakaian busi apakah busi sesuai spesifikasi pada kendaraan, semisal busi pada kendaraan harian dan standar menggunakan busi kemampuan tinggi semisal iridium maka tidak akan berfungsi dengan baik.
  3. Check juga kerenggangan busi itu sendiri, karena kepala busi yang terlalu lebar atau terlalu rapat dapat mengakibatkan percikan bunga api pada busi tidak stabil gunakan kerapatan 0,75 -080 mm
  4. Check juga Mangkuk Delco kemungkinan ada karat dan kotoran yang menempel sehingga pembakaran dan penyaluran arus api ke platina tidak sempurna,lakukan pembersihan
  5. Check juga rotor pada delco, kemungkinan juga sudah lama tidak dilakukan pembersihan sehingga kerak kerak menempel pada kuningan delco, lakukan pembersihan dengan mengamplasnya
  6. Check kabel busi, kemungkina adanya kabel busi yang bocor sehingga api tidak tersalur dengan sempurna
  7. Kemungkian lainnya adalah coil kendaraan sudah sekarat, atau hampir mati, ditandai dengan panasnya coil seperti setrika, apabila coil dengan 2 kutup tanpa resistor, pasanglah resistor, apabi;a sudah dipasang resistor, kemungkina besar resistor nya sudah tidak bekerja dengan baik
Demikian lah beberapa tips yang dapat kita lakukan pengecekan sendir pada kendaraan kita, apabila masih juga menghtam kemungkinan ada hal lain yang perlu dilakukan pengecekan secara seksama.

Demikian semoga bermanfaat

Wassalamu'alaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar