Sebenarnya merawat mesin corolla DX tidaklah sulit karena mesin yang dipergunakan adalah 4K/ kijang doyok kakaknya kijang super yaitu 5K untuk Grand Extra atau Kijang Kapsul 7K. jadi ya seperti merawat mesin pada umumnya ganti oli filter oli secara rutin setel platina, cek temperatur mesin/radiator tune up dsb. kalau rusak montir angkotpun bisa.
Jadi tidak seseram memelihara seperti mobil tua (th 80an) lainnya seperti renault, citroen, datsun, mazda, mercy, bmw, volvo dsb. Kalau mas Bro ingin punya mobil yang harganya murah (masih lebih mahal sepeda motor baru), mesinnya bandel, perawatan mudah dan murah, pajaknya 400 ribuan, maka tidaklah salah untuk meminang Toyota Corolla DX. Kenapa pilihannya COROLLA DX ? karena mesinnya sama dengan mesin Kijang, Sistem mesin Kijang adalah OHV belum SOHC atau DOHC jadi tidak menggunakan timing belt buat buka tutup klep cukup pakai Push Rod (tongkat penggerak) dan spare part murah meriah dan ada dimana mana.
Nah ini spesifikasi msin corolla DX
kenapa mesin jenis OHV yang ini terkenal bandel diantaranya karena mesin OHV head cylinder tidak ada cam (noken as) hanya berisi klep dan rocker arm (pelatuk), buka tutup klepnya didorong oleh pergerakan Push Rod (tongkat) makanya cylinder headnya ramping dan tebal karena tidak ada isinya, kalau terjadi over head tidak gampang pecah seperti mobil yang menganut silinder SOHC karena Cylinder headnya tipis, dn juga karena mesin SOHC ruangan cylinder Head terpakai buat menaruh cam (noken as) dan juga memakai timing belt yang apabila putus dalam keadaan mesin jalan berakibat fatal. Mesin OHV keberadaan cam nya (noken as terletak didalam carter mesin dekat kruk as) yang berfungsi menggerakkan Push Rod (tongkat) bergerak naik turun membuka dan menutup klep.
Karburator
Bagi Anda yang pehobi mobil lawas yang mobilnya masih berpasokan bahan bakar karburator, mungkin Anda tidak asing dengan istilah karburator. Karburator itu memiliki fungsi mencampurkan udara dengan bahan bakar agar lebih mudah terbakar dan kemudian dimasukkan ke ruang bakar. Tidak semua mobil karburator aslinya masih tersedia di pasaran. Dan karburator Toyota Kijang ini seolah jadi solusi masalah dari karburator di mobil lain.
Ada beberapa alasan mengapa karburator Toyota Corolla atau Kijang baik yang masih menganut kode mesin 4K ataupun 5K jadi favorit. Yang pertama adalah ketersediaan sparepart yang melimpah. Anda dapat dengan mudah mendapatkan karburator Toyota Kijang dalam keadaan baru, imitasi hingga original brand new in box bermerk AISAN aseli Jepang. Atau, jika kebetulan dana Anda terbatas, Anda bisa mengandalkan karburator Toyota Kijang dalam kondisi bekas alias copotan.
Katangguhan Carbrator 4k atau 5k ini sudah teruji dimana Mobil Citroen BX susah distarter setelah karbunya diganti karburator kijang…stater langsung jreng. Peugeot 505 susah nyari spare part ori karbunya, dikasih karbu kijang langsung ngacir dan malah jadi irit, artinya Selain itu, karburator Toyota Kijang ini juga mudah diaplikasikan ke mobil lain. Paling jika berbeda dudukan karburator, tinggal dibuat saja dudukannya. Tak heran karburator Toyota type ini sangat diminati.
Sekarang saya punya corolla DX, dan dibenak saya berpikir begini, mesin DX adalah mesin kijang Doyok, kalau Kijang Doyok dibuat Angkot dan ngangkut sawit sampai bertoton saja sanggup tanpa kendala, lah ini buat sedan yang cuma mengangkut 4 orang dan jalanpun terukur tidak seperti angkot mondar mandir dari pagi sampai sore, ya jelas gk ada apa apanya masih terlalu ringan kerja mesin DX ini.
Jadi tidak seseram memelihara seperti mobil tua (th 80an) lainnya seperti renault, citroen, datsun, mazda, mercy, bmw, volvo dsb. Kalau mas Bro ingin punya mobil yang harganya murah (masih lebih mahal sepeda motor baru), mesinnya bandel, perawatan mudah dan murah, pajaknya 400 ribuan, maka tidaklah salah untuk meminang Toyota Corolla DX. Kenapa pilihannya COROLLA DX ? karena mesinnya sama dengan mesin Kijang, Sistem mesin Kijang adalah OHV belum SOHC atau DOHC jadi tidak menggunakan timing belt buat buka tutup klep cukup pakai Push Rod (tongkat penggerak) dan spare part murah meriah dan ada dimana mana.
Nah ini spesifikasi msin corolla DX
- Jenis Mesin : 4K karburator 1.3 liter 4 silinder segaris 8 katup OHV
- Kapasitas Mesin : 1.300 cc
- Daya Maksimal : 62 Hp/5.600 rpm
- Torsi Maksimal : 97 Nm/3.600 rpm
kenapa mesin jenis OHV yang ini terkenal bandel diantaranya karena mesin OHV head cylinder tidak ada cam (noken as) hanya berisi klep dan rocker arm (pelatuk), buka tutup klepnya didorong oleh pergerakan Push Rod (tongkat) makanya cylinder headnya ramping dan tebal karena tidak ada isinya, kalau terjadi over head tidak gampang pecah seperti mobil yang menganut silinder SOHC karena Cylinder headnya tipis, dn juga karena mesin SOHC ruangan cylinder Head terpakai buat menaruh cam (noken as) dan juga memakai timing belt yang apabila putus dalam keadaan mesin jalan berakibat fatal. Mesin OHV keberadaan cam nya (noken as terletak didalam carter mesin dekat kruk as) yang berfungsi menggerakkan Push Rod (tongkat) bergerak naik turun membuka dan menutup klep.
Karburator
Bagi Anda yang pehobi mobil lawas yang mobilnya masih berpasokan bahan bakar karburator, mungkin Anda tidak asing dengan istilah karburator. Karburator itu memiliki fungsi mencampurkan udara dengan bahan bakar agar lebih mudah terbakar dan kemudian dimasukkan ke ruang bakar. Tidak semua mobil karburator aslinya masih tersedia di pasaran. Dan karburator Toyota Kijang ini seolah jadi solusi masalah dari karburator di mobil lain.
Ada beberapa alasan mengapa karburator Toyota Corolla atau Kijang baik yang masih menganut kode mesin 4K ataupun 5K jadi favorit. Yang pertama adalah ketersediaan sparepart yang melimpah. Anda dapat dengan mudah mendapatkan karburator Toyota Kijang dalam keadaan baru, imitasi hingga original brand new in box bermerk AISAN aseli Jepang. Atau, jika kebetulan dana Anda terbatas, Anda bisa mengandalkan karburator Toyota Kijang dalam kondisi bekas alias copotan.
Katangguhan Carbrator 4k atau 5k ini sudah teruji dimana Mobil Citroen BX susah distarter setelah karbunya diganti karburator kijang…stater langsung jreng. Peugeot 505 susah nyari spare part ori karbunya, dikasih karbu kijang langsung ngacir dan malah jadi irit, artinya Selain itu, karburator Toyota Kijang ini juga mudah diaplikasikan ke mobil lain. Paling jika berbeda dudukan karburator, tinggal dibuat saja dudukannya. Tak heran karburator Toyota type ini sangat diminati.
- Carburator #3K (1200 cc )
- Carburator #4K (1300 cc )
- Carburator #5K (1500 cc )
Sekarang saya punya corolla DX, dan dibenak saya berpikir begini, mesin DX adalah mesin kijang Doyok, kalau Kijang Doyok dibuat Angkot dan ngangkut sawit sampai bertoton saja sanggup tanpa kendala, lah ini buat sedan yang cuma mengangkut 4 orang dan jalanpun terukur tidak seperti angkot mondar mandir dari pagi sampai sore, ya jelas gk ada apa apanya masih terlalu ringan kerja mesin DX ini.
Tulisan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar