Assalamu'alaikum wr wb
Cara Mendiagnosa Penyebab area Stiring system bergetar pada kecepatan rendah
Area steering sistem bergetar pada kecepatan rendah kira kira kecepatan 20km sd 40 kn perjam, beberapa hal yang perlu kita lakukan pemeriksaan, hal ini bisa terjadi karena kebiasaan kita membawa corolla DX tanpa hati hati, semisal jalan berlobang pun di gas, juga kondisi piranti kaki kaki yang memang sudah waktunya di ganti, nah apa yang harus kita lakukan (lihat Videonya agar lebih jelas)
A. Gerakan Roda ke arah Kanan dan Kiri
apabila dilakukan gerakan roda ke arah kanan dan kiri dirasakan kocak maka yang harus dilakukan pemeriksaan adalah
1. Tierod (Tierod end) rusak atau oblak
Rusaknya tierod akan menghasilkan gerakan axial kiri kanan, atau atas bawah apabila ini terjadi maka stir akan bergetar pada kecepatan rendah, karena Tie rod berfungsi sebagai penghubung antara long tie rod atau rack end dengan tierod end. Jika rusak, maka akan menimbulkan bunyi-bunyi tertentu terutama pada saat melaju dengan kecepatan tinggi. Belum lagi bila setir mobil Anda tidak bisa kembali lurus dengan mudah ketika digerakkan secara menikung.
2. Rackend (Long Tierod) oblak atau aus
Hal ini bisa terjadi karena robeknya booth penutup (karet penutup) koyak sehingga debu atau kotoran dan air akan mengganggu sistem pelumasan nya, kalau rack end rusak akan mengakibatkan adanya gerakan axial yang diakibatkan oleh ausnya rackend tersebut.
B. Menggerakan Roda Ke atas dan kebawah
1. Bearing Roda Depan Oblak atau kendor
Cek apakah bearing (lakher) roda mobil Anda sudah aus atau kendor segera setelah Anda merasakan setir mobil bergoyang. Karena bearing roda adalah tumpuan beban saat kendaraan . Ketahui tipe bearing untuk corolla DX adalah tipe tappered bearing, dan kita masih bisa menyetelnya dan setelah kita lakukan penyetelan jangan terlalu kencang, kemudian kita lakukan test drive melalui jalan yang sedikit berlubang, dan beberapa saat kemudian kita lakukan pengecekan dengan menggoyang ban gerakan atas bawah, kalau masih oblak bisa jadi beraing minta diganti, atau Nap (rumah bearing sudah aus).
2. Ball Joint yang Telah Oblak
Muncul bunyi keras dan vibrasi pada roda? Waspada karena hal itu terjadi bila ball joint Anda telah oblak. Posisi roda mobil Anda menjadi mudah untuk bergeser. Oblak seperti ini biasanya terjadi pada bagian upper arm dan lower arm ball joint. Segera atasi dengan membawanya ke bengkel terpercaya.
C. Memutar Roda
Tehnik memutar roda adalah salah satu tehnik untuk mengetahui Kelaher atau bearing roda yang sudah tidak layak dipakai bisa dilihat dari getarannya, lakukan memutar roda kemudian tangan memegang shock breaker, apabila tangan yang memegang shock merasakan kasarnya getaran maka bisa dipastikan bearing atau kelaher sudah tidak layak pakai, bisa juga menandakan grease atau pelumas dalam kelaher sudah kering.
C. Lakukan Spooring
Selain balancing, penyebab lainnya adalah belum di-spooring. Jika tidak di-spooring, mobil Anda akan sulit berjalan lurus. ini dilkukan detelah pemeriksaan dan mengganti kaki-kaki seperti tie rod dan long tie rod karena kalau di sporing tapi kondisi tierod dan long tierod oblak maka sporing dilakukan tidak maksimal.
D. Lakukan Balancing
Setir bergoyang padahal mobil Anda sedang berjalan pada jalan yang halus? , mungkin itu terjadi karena balancing roda mobil Anda sudah tidak dalam kondisi baik yang dikarenakan ban sudah aus dan tidak pernah di-balancing. Solusinya adalah periksa ban mobil Anda dari keausan, balancing, dan jenis grid-nya secara berkala. Lakukan rotasi roda bila sudah aus. Selalu periksa setiap kecepatan mobil sudah mencapai kelipatan 10.000 km.
E. Kerusakan pada Velg
Kerusakan pada velg biasanya terjadi karena velg mengalami deformasi pada lingkar dan permukaannya. Akibatnya terjadilah ketidakseimbangan putaran. Lakukan perbaikan pada velg yang bengkok ini terlebih dahulu sebelum proses balancing, karena hal itu tidak akan memberikan pengaruh apa-apa apabila Anda belum mengecek velg.
Wassalamu'alaikum wr wb
Wassalamu'alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar