Jumat, 03 April 2020

Mengatasi Asap Knalpot Hitam

Assalamu'alaikum wr wb

Jika ya, mungkin inilah beberapa hal yang menyebabkan knalpot Anda mengeluarkan asap hitam tersebut.

Asap yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor merupakan hal yang wajar. Asap tersebut merupakan residu dari proses pembakaran pada mesin motor. Namun akan sangat mengkhawatirkan apabila mesin tersebut mulai mengeluarkan asap berwarna hitam.

Residu yang dikeluarkan oleh mesin motor atau mobil pada umumnya merupakan karbon monoksida yang lebih ramah lingkungan ketimbang residu kendaraan yang sudah berubah warna menjadi hitam. Hal ini dikarenakan asap hitam mengandung gas sulfur yang berbahaya dibandingkan residu dengan proses pembakaran yang sempurna.

Proses pembakaran yang tidak sempurna disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

Busi Kotor
Residu tercipta dari tempat pembakaran yang memproses bensin, oksigen dan api untuk dapat menghasilkan gaya dorong pada motor atau mobil. Namun, residu yang dihasilkan dapat berwarna hitam oleh karena buruknya tempat pengapian.

Busi memiliki peranan penting dalam proses pembakaran karena terhubung langsung dengan kompresi dan suhu pembakaran pada mesin. Hal ini pula yang menyebabkan busi menjadi cepat kotor ketimbang bagian motor atau mobil lainnya. Ketika busi menjadi kotor dan terlihat berkerak, maka proses pembakaran pun terganggu karena adanya penghambatan pada pengapian mesin.

Anda bisa mencoba untuk mulai membersihkan busi kendaraan Anda agar pembakaran lebih sempurna.

Filter Udara yang Sudah Kotor
Udara bebas dari luar akan disaring hingga bersih lalu masuk ke ruang pembakaran melalui filter udara. Udara yang sudah selesai tersaring dan bahan bakar pun akan terhisap masuk ke ruang pembakaran dan diolah menjadi gaya dorong pada kendaraan. Namun karena pemakaian mobil yang cukup sering untuk beraktifitas sehari-hari, mengakibatkan penumpukan debu pada filter yang dapat menyebabkan hambatan pada aliran udara (intake), sehingga udara tidak dapat masuk ventilasi air filter karena kotor seperti di bekem sehingga mempengaruhi suplay udara yang menuju carburator, bila saringan udara kotor segara dibersihkan atau di ganti yang baru

Karburator yang Cukup Bermasalah
a. Stelan Idle tidak seimbang
Residu yang dihasilkan oleh kendaraan dapat terjadi oleh karena bahan bakar dan proses udara yang kurang pas pada mesin pembakaran pada penyetelan throtle carburator. Cara mengatasi karburator yang bermasalah, Anda bisa mengecek adanya 2 sekrup pada karburator. Sekrup yang pertama untuk mengatur suplai bensin sedangkan sekrup kedua untuk mengatur kecepatan idle.
Anda dapat mengontrol sekrup kedua agar jumlah bensin yang masuk tidak berlebihan, karena hal tersebut dapat mempengaruhi campuran yang dihasilkan oleh suplai bensin yang berlebihan. karena hal ini dapat menyebabkan munculnya asap hitam yang berasal dari percampuran dua elemen yang tidak seimbang.

b. Spuyer yang tidak sesuai
Spuyer yang tidak sesuai ukuran dan terlalu besar, bisa di ganti dengan bawaan standar untuk mainjet 1 bisa pakai ukuran 95/105 dan main jet 2 pake 140/150 kalau terlalu besar maka akan mengakibatkan tidak seimbang dan akan boros BBM.

c. Karburator yang kotor
Karburator yang kotor juga mempengaruhi asap hitam karena carbu jarang di bersihkan atau di cuci ulanguntuk membersihkan kotoran yang ada di dalam karbu, anda bisa membongkar carbu atau dengan cara menggunakan carbu cleaner (sudah dibahas pada video sebelumnya) bila carbu tidak pernah dibersihkan maka otomatis, saluran BBM dan udara akan tersumbat akan mengakibatkan tidak normalnya pencampuran udara dan bahan bakar

Kerak Pada Ruang Bakar
Penyebab terjadinya kerak pada ruang bakar dikarenakan oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang dapat menghasilkan kerak pada ruang bakar yakni oli yang ikut terbakar saat terjadinya proses pembakaran. Residu dari proses pembakaran yang tidak sempurna akan menjadi kerak yang akan menghambat proses pembakaran pada mesin motor baik mobil.

Agar proses pembakaran pada mesin motor atau mobil sempurna, Anda dapat membuka dan membersihkan mesin bagian head cylinder agar mengurangi terjadinya proses pembakaran yang tidak sempurna.

Kerusakan PCV
Positive crankcase ventilation (PCV) adalah sebuah saluran yang menguhubungkan ruang engkol (crankcase) dengan intake manifold. Fungsi saluran ini adalah untuk memberikan ventilasi bagi ruang engkol agar tekanannya stabil. ini karena ketika piston bergerak naik turun akan ada daya dorong diarea bawah piston yang meningkatkan tekanan udara didalam crankcase.

Untuk menstabilkan tekanan ini maka diberilah saluran ke saluran air induction agar nantinya uap oli yang terbentuk didalam crankcase dapat terbakar. Sebelumnya, ada komponen PCV Separator yang terletak ditengah saluran PCV fungsinya untuk mencegah oli cair ikut keluar ke PCV.

Namun, banyak kejadian rusaknya separator ini mengkibatkan oli masuk kedalam air induction system yang terhubung langsung dengan ruang bakar. Akibatnya asap knalpot mobil berwarna putih hingga pekat akan muncul.

Olie terlalu Banyak
Coba periksa jika ada terlalu banyak oli pada tempat penampungnya terutama saat penggantian oli yang melebihi batas yang dianjurkan oleh pabrikan, jika itu benar maka rembesan kelebihan oli berisiko masuk ruang pembakaran, membuat mesin ikut membakar oli dan menghasilkan asap hitam dari kanlpot.

Selang Vacum
Perhatikan selang selang vacum sudah terpasang dengan baik, ini juga mempengaruhi knalpot menjadi hitam, untuk jalur selang vacum corolla dx sudah dibahas pada video sebelumnya.

Setelan Distributor
Stelan distributor yang tidak tepat dan seimbang bisa juga berpangeruh pada keluarnya asap hitam pada knalpot.

Jika ya, mungkin inilah beberapa hal yang menyebabkan knalpot Anda mengeluarkan asap hitam tersebut. selengkapnya dpt dilihat pada youtube kami 

Semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar