Senin, 06 April 2020

Oli masuk ke saringan udara

Assalamu'alaikum wr wb

Oli tentu sangatlah berguna buat kinerja pada suatu mesin lantaran oli ialah pelumas pada komponen-komponen di mesin terjaga dari kehabisan atau berkarat. Namun sering terjadi oli keluar/merembes ke beberapa tempat, salah satunya saringan udara mobil. Jika terjadi demikian, bisa sangat berpengaruh pada kinerja mesin. 



Kalau volume olinya terlalu banyak,  dan naik hingga mengenai filter udara maka  kalau filter udara basah karena oli hal dan oli yang banjir di filter udara udara kemudian turun ke karburator atau ke throtle body lanjut ke intake manifol dan masuk ke ruang bakar kalau ini yang terjadi maka knalpot  akan mengeluarkan asap putih pada saat kendaraandihidupkan atau berjalan.

Untuk kendaraan terutama pada pemakaian saringan udara kering standard  dengan bahan kertas dengan tingkat pori yang sangat rapat, maka udara yang masuk ke dalam ruang bakar jadi terhambat karena kotor oleh debu akibat terjebak oleh olie yang menempel di saringan udara, nah  kalau udara yang masuk ke ruang bakar terhambat efeknya tarikan mesin jadi berat.

Pada mesin mobil kita terdapat selang pernafasan yang berfungsi agar ruang mesin tidak hampa. Dan di kondisi normal selang pernafasan (PCV) hanya mengeluarkan hawa / udara dari mesin tanpa oli dan jika ternyata ditemukan oli ikut keluar hal itu mengindikasikan adanya sesuatu yang tidak beres di mesin kendraan kita.

untuk lebih jelasnya perhatikan ulasan berikut ini:

1. OLIE OVERLOAD / MELEBIHI KAPASITAS
Apabila kapasitas oli mesin yang jika terlalu banyak dan melebihi dari batasnya yang telah ditentukan oleh merek atau pabrikan kendaraan tersebut yang anda puya, tentu kondisi tersebut bisa menyebabkan oli tersebut dapat meluap sampai masuk ke saringan udara yang melelui selang pernapasan lantaran oli tersebut yang terletak didalam mesin dan enggak bisa atau mampu bersirkulasi dengan bagus atau dengan makskimal dikarenakan oleh daya tampung pada blok mesin yang berlebihan atau tidak cocok.

Dan ketika mesin menyala oli tentunya bakal terbuang keluar yang melalui pada di sisi selang pernapasan dan untuk mengatasinya dengan mengurangi oli sampai batas yang ditentukan atau dengan sesuai kapasitas oli mesin yang bisa dilihat pada alat ukur yang terdapat pada penutup oli mesin atau pada sisi cover kopling /dipstick yang digunakan untuk melihat ukuran oli mesinnya.

2. KEASLIAN OLI
Ketika semakin banyak merek produksi oli palsu yang memakai kemasan merek yang pastinya sudah ternama, maka peristiwa ini pastinya bisa mengakibatkan oli bisa cepat meluap ke bagian saringan udara dengan melewati selang pernapasan tersebut lantaran oli yang tingkat kekentalannya tidaklah sesuai.

Dengan kekentalan oli yang dibutuhkan kendaraan kondisi tersebut tentu bisa menyebabkan komponen – komponen mesin bakal cepat mengalami kehabisan serta mesin menjadi cukup cepat panas.

3. KERUSAKAN  POMPA OLIE
Selain dari volume oli, sirkulasi pun dapat memicu lampu indikator oli menyala. Sistemnya, ada sensor tekanan oli yang berada pada salah satu rongga mesin. Sensor ini, akan mengecek tekanan pada aliran oli mesin. Jika pemeriksa mendeteksi tekanan aliran yang lebih dari normalnya maka lampu indikator bakal menyala.Dalam kondisi ini, pompa oli yang jadi pangkal sangat berpengaruh lantaran tekanan dan sirkulasi oli didalam mesin akan diemban oleh komponen tersebut.

Kebobrokan pada pompa oli dapat disebabkan lantara sebagian kondisi, salah satunya lantaran poros pompa dengan poros engkol terlepas.

4. RING PISTON AUS
hal ring piston yang sudah aus selain bisa mengakibatkan motor menjadi kekurangan tenaga juga dapat menyebabkan oli tersebut bakal keluar ke saringan udara dengan melewati selang pernapasan mesin, pasti kondisi tersebut lantaran disebabkan dari tekanan kompresi hasil pembakaran mesin kendaraan tersebut yang mengalami kebocoran sehingga ketika tekanan kompresi yang ada enggak lagi dapat tertahan sepenuhnya pada ring piston tersebut. Juga melainkan sebagai tekanan pada kompresi menembus ke bagian ruang mesin juga dapat mengakibatkan oli yang terdapat pada bagian ruang mesin bakal terdorong keluar dari mesin dengan melewati selang pernapasan yang menuju ke saringan udara.

5 . SELANG PCV RUSAK (Positive Crankcase Ventilation)
Selang PCV merupakan selang yang berguna untuk menyalurkan uap bahan bakar yang berada pada crankcase (bak engkol), uap bahan bakar ini daripada terbuang sia-sia lebih baik disalurkan kembali ke intake manifold agar ikut terbakar. Nah, terkadang tidak hanya uap bakar saja tetapi uap oli juga ikut terbawa. Jika uap oli dan uap bahan bakarnya terlalu banyak, bisa jadi naik ke atas sampai ke filter udara.

6. SETELAN KATUP TIDAK SESUAI
Setelan katup yang tidak sesuai misal terlalu rapat, maka ketika langkah kompresi akan terjadi kebocoran. Dan campuran udara dan bahan bakar disertai oli dapat terdorong naik ke atas sampai ke filter udara.

7. KNOCKING SAAT PENGAPIAN TIDAK SESUAI
Knocking adalah kondisi dimana pembakaran tidak sempurna, dan terjadi pembakaran sebelum waktunya. Knocking dapat membuat campuran udara dan bahan bakar meledak terlebih dahulu di intake maniforld yang tentu saja dapat menaikkan oli.
Selengkapnya dapat dilihat di chanel youtube kami 

Semoga bermanfaat

Wassalamu'alaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar