Assalamu'alaikum wr wb
Cuaca yang panas akan membuat pengendaraan menjadi tidak nyaman. Untuk membuat nyaman maka perlu dilakukan pengaturan suhu didalam mobil. Pengaturan suhu ini dilakukan dengan menggunakan AC (Air Conditioner). Pada iklim di indonesia yang hanya memiliki iklim hujan dan kemarau, dan cuaca nya tidak begitu dingin melainkan sering panas maka AC pada mobil di Indonesia biasanya hanya dilengkapi dengan cooling (pendingin), dan tidak dilengkapi dengan heater (pemanas).
Banyak kasus yang terjadi pada sistem AC, salah satunya adalah ketika AC dinyalakan, mesin terasa bergetar dan tidak stabil. Jika masalah tersebut terjadi pada anda, maka yang pertama jangan panik. Penyebab mesin menjadi bergetar dan tidak stabil saat AC dinyalakan, bisa disebabkan karena masalah pada sistem idle up. Untuk menyakinkan bahwa apakah yang bermasalah itu memang pada sitem idle upnya maka anda dapat melakukan pemeriksaan sederhana, yaitu coba matikan AC dan periksa apakah mesin masih bergetar atau tidak. Kemudian nyalakan AC, apakah putaran mesin naik ato tidak. Jika tidak, maka masalahnya memang di sistem idle upnya.
Jika AC nyala seharusnya sistem idle up bekerja untuk menaikkan putaran mesin, misalnya putaran stasioner mesin adalah 800 rpm, ketika AC dinyalakan seharusnya putaran mesin naik sekitar 1000 rpm.
Sistem idle up ini tidak bekerja bisa jadi karena sistem sensor dan aktuator yang tidak bekerja. Masalah yang lain ditimbulkan jika idle up tidak bekerja bukan hanya akan membuat mesin bergetar tapi juga bisa saja AC menjadi kurang dingin. Logikanya kenapa jika idle up tidak bekerja akan membuat mesin tidak stabil dan bisa mati, itu disebabkan karena jika AC on maka beban akan bertambah, yaitu beban untuk memutarkan kompresor AC. Karena kompresor AC berputar dengan rpm yang rendah maka kemampuan kompresor untuk memberikan tekanan pada freon (refrigerant) untuk bersirkulasi menjadi lemah juga sehingga AC menjadi kurang dingin.
Perangkat yang penting dalam idle up AC adalah Selang, Selenoid, dan vacum idle up AC itu sendiri, cara kerja nya adalah jalur Manifold mengarah ke idle up AC yang sebelah bawah, tugas idle up AC adalah semacam katup buka tutup, dengan aliran arus listrik dan akan aktif ketika kita menghidupkan AC, ketika selenoid tersebut mendapatkan arus listrik, katup akan membuka, sehingga udara hisapan dari manifold tadi akan tersalurkan pada selang yang sebelah atas dari selenoid. tetapi ketika selenoid tidak mendapatkan arus listrik maka selenoid tersebut buntu. dan selang yang sebelah atas dari selenoid tadi menuju ke idle up vacum AC, dan akan mengaktifkan vacum idleup AC. dan akan tersedot ke bawah sehingga akan menekan tuas pada setelan gas pada karbu.
Tehnik Pengecekan
1. Pengecekan Pada Saat AC tidak hidup
Pengecekan dapat dilakukan, pada saat AC tidak hidup, lepas selang selenoid bagian bawah kondisi mesin akan terguncang, maka selang akan menghisap, tetapi apabila tidak ada hisapan kita harus check selang tadi menuju manifold bisa jadi selang tersebut ada yang bocor.
2. Pengecekan Pada Saat AC dihidupkan
Pengecekan pada saat AC hidup, lepas selang selenoid bagian atas maka mesin akan bergetar, check output dari selenoid yang dilepas tadi harus ada vacumnya atau daya menghisap nya, berarti selenoid bekerja dengan baik dan tidak bermasalah.
3. Pengecekan Arus
Bisa juga karena arus tidak masuk ke selenoid, nah lakukan pengecekan yang kemungkinan besar arus ke selenoid tidak ada, dengan menggunakan test pen khusus untuk DC masukkan positif test pen kedalam jalur listrik selenoid, dan negatif kontakan ke bodi, apabila lampu hidup maka selenoid teraliri arus. dan arus ini langsung dari pengaturan suhu udara di dashbord , , dan apabila tidak ada arus karena kabel putus dan sebagainya bisa juga di jumper dari compresor otomatis dan thermostat AC.
4. Mur/Skrup Tidak sampai ke tuas Gas
Kemungkinan ain terjadi adalah mur dari vacum ac tidak mengenai tuas gas pada carburator, kalau ini terjadi kita bisa lakukan stelan secara manual dengan memutar drat skrup tadi sesuai dengan idle gas yang paling baik, sehingga mesin tidak mati waktu AC hidup. dan normalnya paling tidak sesuaikan idle mesin sebelum AC dihidupkan. bisa juga dinaikan sedikit dari idle mesin sebelum AC dihidupkan.
Nah kalau ini semua sudah kita lakukan ternyata mesin tetap bergetar dan seluruh komponen sudah susuai dan bekerja, maka kemungkinan besar yang rusak adalah Idle Up AC nya, dan ini harus segera di ganti. selengkapnya bisa di lihat di youtbe kami
Demikian lah yang dapat di sampaikan semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar