Assalamu'alaikum wr wb
Mengatur Setting udara dan BBM dalam carburator
Jika melakukan pengaturan stasioner ada kalanya kita juga menilik settingan angin yang masuk ke mesin. Settingan angin ini bisa dikatakan penting karena akan mempengauhi pembakaran yang terjadi di dalam mesin yang otomatis akan mempengaruhi tenaga mobil dan jug hasil gas buang (emisi) dari mobil tersebut. Settingan angin harus seimbang dengan banyaknya aliran BBM pada mesin, jika settingan angin kurang jika dibandingkan dengan banyaknya BBM maka pembakaran tidak akan sempurna yang berakibat tenaga mobil akan berkurang dan kadar CO2 mobil akan tinggi. Cara mengatur angin pada mesin sama dengan mengatur stasioner mobil, yaitu hanya memutar mur dengan obeng namun yang diputer berbeda.
Langkahnya
- Putar Mur RPM serah jarum jam sampai ada peningkatan suara tinggi (RPM Naik)
- Putar Setingan Udara (ada per nya) searah jarum jam sampai suara masin seperti mau mati
- Putar Lagi Mur RMP serah jarum jam sampai putaran naik kembali.
- Putar kembali mur stelan udara serah jarum jam sampai mentok (awas jgn dipaksakan)
- Tandai Mur stelan udara (ceruk bagian atas) untuk memudahkan kita untuk menandai putaran 360 derajat
- Putar melawan jarum jam stelan udara sebanyak 3 x 360 derajat
- Atau sampai puataran mesin yang paling tinggi.
- Kemudian putar melawan jarum jam Mur RPM sampai dapat suara idle yang terbaik.
- Matikan mesin beberapa saat.
- Hidupkan mesin kembali danpenyetelan sudah selesai
Cara penyetelan carburator Toyota corolla dx hanya kita perlu tau mur mana yang harus diputar, ada 2 buah yang berada di bawah rumah filter udara di bagian depan mesin. lebih jelas nya dapat dilihat di link youtube kami
Demikian semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar