Assalamu'alaikum Wr Wb
Perdebatan Mengenai Penggunaan
Coolant atau Air Biasa pada Radiator TuaPenggunaan coolant untuk membantu
radiator merupakan tindakan yang bagus. Namun biasanya #mobil_tua tidak cocok jika
menggunakan coolant. Karena pembuatan di zamannya, teknologi radiator hanya
sebatas menggunakan air sumur.
Sebenarnya, air sumur inilah yang menyebabkan kerak pada radiator karena ada kandungan logam di airnya yang nantinya bisa mengakibatkan kebuntuan. Untuk mengatasi masalah kebuntuan ini anda perlu tahu cara membersihkan radiator yang tersumbat. Radiator mobil tua memang belum didesain untuk menggunakan coolant. Tapi anda bisa memberinya coolant dengan cara yang khusus dan cara yang benar.
Mobil yang sudah tahunan menggunakan air mineral atau keran untuk radiator tidak serta merta bisa langsung menggunakan coolant. Cairan coolant memiliki senyawa kimia yang salah satunya adalah anti karat, hal ini bertentangan dengan sifat air mineral.Mobil yang sejak awal menggunakan air mineral untuk radiator umumnya meninggalkan jejak karat pada blok mesin dan dan silinder.
Saat menggunakan coolant akan membuat lapisan karat terkelupas, dan membuat jalur air dan oli sehingga kemungkinan untuk air dan oli tercampur cukup besar.Baiknya saat akan menggunakan coolant khusus mobil lawas pastikan kondisi radiator terlebih dahulu. Paling gampang, lihat isi radiator dan tabung reservoir-nya.
Kalau cairan bening, berarti masih aman, tetapi kalau sudah ada kecenderungan warna cokelat, sebaiknya dilakukan perawatan dulu seperti servis dan pengurasan (flushing) untuk mengangkat kerak karat,"Ada teknik khusus untuk menggunakan coolant pada radiator mobil tua.
Belilah cairan radiator flush dan coolant. Untuk radiator flush, paling mahal harganya Rp 40.000. Untuk coolant harganya berkisar Rp 40.000 hingga Rp 60.000. Beli tabung cadangannya jika dirasa perlu.
Langkah awal, kuras isi radiator dengan cara buka aliran pembuangan radiator di bagian bawah. Lalu tutup lagi aliran pembuangan radiatornya dan isi air lagi hingga penuh. Nyalakan mesin hingga mencapai suhu optimal yang kira-kira butuh waktu sepuluh menit.Buka lagi saluran pembuangan radiator dan amati bagaimana kekeruhan air radiator. Ulang terus prosesnya sampai kotorannya habis.
Lebih lengkapnya (check Video saya pada youtube ini) disamping itu kita perlu tahu cara mengganti air radiator mobil.
Untuk menghasilkan air pembuangan yang bersih, kira-kira butuh empat sampai lima kali pengurasan. Kemudian isi lagi radiatornya dengan air dan jangan lupa isi dengan radiator flush agar karat dan kerak di dalamnya luruh. Hidupkan mesin lagi selama beberapa menit dan tunggu efeknya. Setelah itu, buang air radiatornya lagi dan bersihkan. Kemudian, isikan coolant ke radiator sesuai batasnya. Mobil tua anda kini sudah didukung oleh coolant.
Perlu diketahui bahwa air ledeng/air minum kemasan/air biasa yang digunakan untuk mengisi radiator termasuk pada golongan air mineral. Dan mineral inilah yang seiring berjalannya waktu apalagi dengan paparan panas mesin, akan menimbulkan kerak pada kisi-kisi maupun saluran pendingin radiator mobil kesayangan Anda. Bagaimana seharusnya cara memilih radiator coolant yang tepat? Karena tidak semua produk air radiator coolant yang beredar di pasaran memiliki kualitas bagus, terkadang hanya melihat warnanya yang “adem” pengguna bisa tertipu.
Sekali lagi Fungsi air radiator atau pun coolant adalah mencegah over heating (mendidih) dan yang mengandung anti-freeze atau antibeku. dan sebagai tambahan bagi pengguna dixie, sekali lagi penulis tidak mempromosikan suatu produk, tapi produk Top one super coolant adalah yang paling cocok untuk radiator tua seperti si dixie
Wis Ngono Thok
Terima kasih
Wassalamu alaikum wr wb
Sebenarnya, air sumur inilah yang menyebabkan kerak pada radiator karena ada kandungan logam di airnya yang nantinya bisa mengakibatkan kebuntuan. Untuk mengatasi masalah kebuntuan ini anda perlu tahu cara membersihkan radiator yang tersumbat. Radiator mobil tua memang belum didesain untuk menggunakan coolant. Tapi anda bisa memberinya coolant dengan cara yang khusus dan cara yang benar.
Radiator Menggunakan Air Coolant
Mobil yang sudah tahunan menggunakan air mineral atau keran untuk radiator tidak serta merta bisa langsung menggunakan coolant. Cairan coolant memiliki senyawa kimia yang salah satunya adalah anti karat, hal ini bertentangan dengan sifat air mineral.Mobil yang sejak awal menggunakan air mineral untuk radiator umumnya meninggalkan jejak karat pada blok mesin dan dan silinder.
Saat menggunakan coolant akan membuat lapisan karat terkelupas, dan membuat jalur air dan oli sehingga kemungkinan untuk air dan oli tercampur cukup besar.Baiknya saat akan menggunakan coolant khusus mobil lawas pastikan kondisi radiator terlebih dahulu. Paling gampang, lihat isi radiator dan tabung reservoir-nya.
Kalau cairan bening, berarti masih aman, tetapi kalau sudah ada kecenderungan warna cokelat, sebaiknya dilakukan perawatan dulu seperti servis dan pengurasan (flushing) untuk mengangkat kerak karat,"Ada teknik khusus untuk menggunakan coolant pada radiator mobil tua.
Belilah cairan radiator flush dan coolant. Untuk radiator flush, paling mahal harganya Rp 40.000. Untuk coolant harganya berkisar Rp 40.000 hingga Rp 60.000. Beli tabung cadangannya jika dirasa perlu.
Langkah awal, kuras isi radiator dengan cara buka aliran pembuangan radiator di bagian bawah. Lalu tutup lagi aliran pembuangan radiatornya dan isi air lagi hingga penuh. Nyalakan mesin hingga mencapai suhu optimal yang kira-kira butuh waktu sepuluh menit.Buka lagi saluran pembuangan radiator dan amati bagaimana kekeruhan air radiator. Ulang terus prosesnya sampai kotorannya habis.
Lebih lengkapnya (check Video saya pada youtube ini) disamping itu kita perlu tahu cara mengganti air radiator mobil.
Untuk menghasilkan air pembuangan yang bersih, kira-kira butuh empat sampai lima kali pengurasan. Kemudian isi lagi radiatornya dengan air dan jangan lupa isi dengan radiator flush agar karat dan kerak di dalamnya luruh. Hidupkan mesin lagi selama beberapa menit dan tunggu efeknya. Setelah itu, buang air radiatornya lagi dan bersihkan. Kemudian, isikan coolant ke radiator sesuai batasnya. Mobil tua anda kini sudah didukung oleh coolant.
Perlu diketahui bahwa air ledeng/air minum kemasan/air biasa yang digunakan untuk mengisi radiator termasuk pada golongan air mineral. Dan mineral inilah yang seiring berjalannya waktu apalagi dengan paparan panas mesin, akan menimbulkan kerak pada kisi-kisi maupun saluran pendingin radiator mobil kesayangan Anda. Bagaimana seharusnya cara memilih radiator coolant yang tepat? Karena tidak semua produk air radiator coolant yang beredar di pasaran memiliki kualitas bagus, terkadang hanya melihat warnanya yang “adem” pengguna bisa tertipu.
Sekali lagi Fungsi air radiator atau pun coolant adalah mencegah over heating (mendidih) dan yang mengandung anti-freeze atau antibeku. dan sebagai tambahan bagi pengguna dixie, sekali lagi penulis tidak mempromosikan suatu produk, tapi produk Top one super coolant adalah yang paling cocok untuk radiator tua seperti si dixie
Wis Ngono Thok
Terima kasih
Wassalamu alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar