Kamis, 19 Maret 2020

Oli Gardan dan Oli Transmisi

Assalamu'alaikum wr wb

Bahayakah Olie Gardan dan Olie transmisi berkurang?? Pada dasarnya semua komponen logam yang bergesekan pasti diberikan pelumas berupa oli. Didalam mesin ada oli mesin, didalam gearbox ada oli transmisi dan didalam gardan terdapat oli gardan.

Jadi, oli ini tidak bisa dilepaskan dari komponen-komponen logam yang bergesekan. Apa yang terjadi kalau olinya bocor? Pertama oli akan berkurang, sehingga volume oli didalam gearbox menjadi lebih sedikit. Kalau olinya kurang, otomatis proses pelumasan gearbox menjadi kurang maksimal. Sehingga dari semua roda gigi yang bergesekan, ada beberapa roda gigi yang tidak mendapatkan pelumasan sehingga efeknya berupa getaran hingga keausan roda gigi didalam gearbox.

Agar bisa bekerja dengan baik dan maksimal, gardan membutuhkan pelumasan atau oli. Mengabaikan oli gardan, sama saja dengan mempercepat keausan gardan mobil dan mobil tidak nyaman ketika digunakan.

Ichsan Ady Permana, Instructure Technical Training Center Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, gardan membutuhkan pelumasan untuk dapat memenuhi fungsinya. Maka dari itu oli gardan dan transmisu perlu diganti secara berkala, agar tidak cepat aus. “Apabila oli gardan dan transmisi tidak diganti secara periodik maka pelumasan menjadi tidak maksimal, sehingga gigi-gigi lebih cepat aus. Penggantian oli gardan sebaiknya dilakukan setiap 40.000 km sd. 56.000 km atau sekitar 24 bulan,”

#Periksa kebocoran
Selain menurunnya kualitas oli seiring pemakaian, gardan dan transmisi bisa kekurangan pelumas juga karena kebocoran. Maka dari itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan di bagian bawah mobil dengan rutin.
“Kebocoran oli juga menjadi salah satu penyebab rusaknya garden. Oleh karena itu, si pemilik kendaraan harus secara rutin memeriksa kebocoran oli. Dengan ritual ini, akan diketahui apakah ada rembesan oli di bagian bawah rumah gardan," tutur Ichsan.

Ichsan melanjutkan, rembesan tersebut, bisa jadi indikator adanya kebocoran yang berasal dari seal drive pinion, packing gardan housing ataubaut drain plug gardan, serta bisa juga disisi lain, seperti dari seal as roda. Tapi anda jangan khawatir dulu, pasalnya kebocoran oli transmisi manual itu tidak sebahaya kebocoran oli mesin. Namun didalam gearbox, masing-masing gear itu Cuma berinteraksi layaknya gear yang saling bertautan.

Dengan kata lain tidak ada komponen yang bergesekan secara signifikan. Sehingga dalam kondisi oli minim pun, gear box masih bisa bekerja dengan normal. Tapi, kalau masalah itu dibiarkan jelas gear didalam transmisi bisa mengalami keausan yang membuat mobil bergetar ketika dijalankan.

#Pengaruh Bocor olie gardan dan performa?
Jadi apa pengaruh bocor oli transmisi terhadap performa mobil? Secara garis besar tidak ada pengaruhnya sama sekali kecuali oli didalam transmisi bocor secara drastis yang menyebabkan olinya habis/kering baru itu menimbulkan dampak berupa getaran pada transmisi hingga yang paling parah poros transmisi macet karena komponen didalam gear box mengalami pemuaian.
Kalau kebocoran oli transmisi mengarah ke depan (kebagian kopling), itu akan menyebabkan kopling selip. Karena kopling mobil bersifat wet clutch (kering), kalau terkena oli maka akan menyebabkan kopling selip. Sehingga mobil susah dijalankan.

#Bagaimana mengetahui kebocoran transmisi
Biasanya akan ada tetesan oli di lantai ketika mobil diparkir. Kalau anda menemukan tetesan oli dilantai saat mobil parkir, anda jangan dulu menghidupkan mesin. Karena tetesan oli tersebut bisa berasal dari oli mesin, minyak rem, oli power steering atau oli transmisi. Untuk memastikan mana yang bocor, anda bisa lihat pada sekitar transmisi. Biasanya di area yang bocor tersebut, ada bekas rembesan yang dipenuhi dengan debu basah.

Kalau anda menemukan debu basah diarea transmisi bisa jadi disitu ada kebocoran oli transmisi. Area sekitar baut penguras oli transmisi dan perpak sambungan gearbox menjadi bagian yang rawan terjadi kebocoran. Kalau memungkinkan, anda bisa tarik deep stick oli transmisi (Corolla DX gak punya lho) untuk mengetahui seberapa banyak oli didalam transmisi. Namun hanya beberapa mobil saja yang dilengkapi stick ini, lagi pula posisi transmisi yang ada dibawah body mobil cukup menyulitkan kita.

#Berapa Vescosity yg baik untuk olie transmisi
Berbagai merek menawarkan produknya baik yg mineral maupun syntetis, dan masing masing punya kelebihan, nah sae berapa yg cocok untuk dx? Semua tergantung kondisi transmisi, dan seberapa keluhan yg didapat dan secara umum sae antara 90, sd 140 nah kalau transmisi dalam keadaan kurang baik pakailah sae yg lbh kental, tapi untuk kita yg gak tau, bisa pake olie yg lebih encer, kemudian rasakan perubahan ada atau tidak, seperti mendengung dsb, kalau terjadi ganti olie yg lbh kental seperti SAE 140, untuk takaran volume mobil corolla dx kisaran 1,75 sd 2 Liter bisa di lihat pada link Youtube kami

Demikian mudah mudahan bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar