Sabtu, 21 Maret 2020

Jalur Selang Idle Up AC


Assalamu'alaikum Wr Wb

Kitakadang mendapati kondisi mesin bergetar hebat pada saat AC dinyalakan, dan tidak tau harus bagaimana, sebenarnya keadaan mesin bergetar hebat karena salah satu sistem Idle Up AC tidak bekerja sehingga pasokan udara untuk menggerakkan Idle Up AC tidak sempurna kerjanya, nah berikut jalur jalur idle up ac yang harus kita ketahui pada mobil corolla DX

Apabila sistem idle up tidak bekerja dengan baik, maka ketika sistem AC dinyalakan putaran mesin (RPM mesin) akan turun (drop) sehingga membuat mesin menjadi mudah mati. Setiap kendaraan memiliki peralatan idle up yang berbeda-beda, hal ini tergantung dari tipe mesin dan sistem bahan bakar yang digunakan pada mesin tersebut, sistem idle up tidak berfungsi bisa salah satunya adalah jalur jalur selang yang tidak pas, berikut apa saja instrumen yang terlibat

Vacum Advancer

Vakum advancer adalah sistem tambahan pada pengapian platina, fungsinya untuk memajukan atau memundurkan timming pengapian (waktu pemercikan busi) sesuai beban yang diterima mesin. Cara kerjanya, memanfaatkan kevakuman didalam intake manifold. Jadi ketika mesin terbebani, kevakuman didalam intake itu cenderung rendah dan ini kevakuman dimanfaatkan oleh vakum advancer untuk memanipulasi posisi platina. Sehingga secara keseluruhan timming pengapian bisa berubah.

Idle Up Vacum AC

Sistem idle up Vacum AC, berfungsi untuk menaikkan putaran mesin ketika beban mesin dan beban kelistrikan naik. Hal tersebut berguna untuk mencegah agar mesin tidak mati pada saat putaran idle atau stasioner. Ketika sistem AC di On kan atau dinyalakan maka akan terjadi penambahan beban mesin dan beban kelistrikan.

Beban mesin menjadi bertambah karena mesin juga digunakan untuk menggerakkan kompresor AC, sedangkan beban kelistrikan bertambah karena ketika sistem AC dihidupkan maka kelistrikan kendaraan juga digunakan untuk memutar extra fan, blower dan mengaktifkan magnetic switch.

Apabila sistem idle up tidak bekerja dengan baik, maka ketika sistem AC dinyalakan putaran mesin (RPM mesin) akan turun (drop) sehingga membuat mesin menjadi mudah mati. Setiap kendaraan memiliki peralatan idle up yang berbeda-beda, hal ini tergantung dari tipe mesin dan sistem bahan bakar yang digunakan pada mesin tersebut.

Selenoid

Selenoid valve berfungsi untuk mendorong katup pada gas supaya terbuka pada waktu kita menghidupkan ac serta pada waktu menaikkan mesin rpm pada mesin

Intake Manifold

Pada saat langkah hisap pada siklus kerja mesin maka campuran udara dan bahan bakar akan dihisap masuk ke dalam ruang bakar. Campuran bahan bakar dan udara ini disuplai dari alat pencampur bahan bakar dan udara atau karburator pada kendaraan yang masih menggunakan sistem bahan bakar konvensional. Untuk menghubungkan antara alat pencampur bahan bakar dan udara dengan ruang bakar maka digunakanlah intake manifold.

Apabila jalur selang tersebut tidak tepat pada jalurnya akan menyebabkan idle Vacum AC tidak berfungsi dengan baik.

Jalurnya sebagai berikut

Dari Vacum Delco Advancer (1), ke Carburator (2), dari Intake Manifold (3) ke Selenoid bawah (4), dan dari Selenoid atas (5) ke Vacum AC (6) dan iddle up (7) AC bekerja selengkapnya dapat di lihat pada link Youtube berikut 


Semoga bermanfaat

Wis Ngono Thok

Wassalamu'alaikum wr wb











Tidak ada komentar:

Posting Komentar