Assalamualaikum Wr Wb
Seringkali kita menghadapi kendala stir kemudi kita berat (walaupun mengunakan ban standar) bahkan berbunyi dug dug atau bahkan sangat liar bila di kemudikan, berikut beberapa hal yang pernah kami lakukan karena kami pun mengalami hal yang serupa, untuk berbagi pengalaman.
merawat corolla dx tidak lah sulit karena beberapa onderdil masih banyak kita jumpai bahkan sampai di tingkat kecamatan pun masih mudah kita jumpai, apalagi mobil ini masih banyak penggemarnya, dan salah satu masalah yang sering kita jumpai adalah stir yang kadang berat bahkan liar dan kadang berbunyi dug dug, untuk itu kita harus tau dulu apa itu fungsi stir (gambar terlampir)
Fungsi sitem kemudi (steering) adalah untuk mengatur arah kendaraan dengan cara membelokan roda depan. Bila roda kemudi diputar, steering column akan meneruskan tenaga putarnya ke steering gearbox, steering gear berfungsi merubah gaya putar dan memperbesar moment untuk menggerakan roda depan melalui linkage.
Langkah pertama yang harus kita check adalah ball joint, dan tierod (reckend) biasanya stir akan liar kalau tirod atau balljoitnya aus, dan anda perlu manggantinya, dan jangan sekali kali dilakukan press karena tidak akan tahan lama, mengingat harga ball joint dan tierod tidaklah begitu mahal dibandingkan keselamatan anda karena kalau di press paling lama bertahan 3 sampai 6 bulan saja.
Langkah kedua adalah mengecek shock breaker depan mobil anda, lakukan penekanan pada kap mesin apakah shcok breaker berfungsi normal ataukah ada suara jedug waktu anda menekan nya?? kalau itu terjadi ini salah satu sebab mengapa bunyi suara "dug dug" karena sistem shockbreaker anda sudah aus, bisa juga pada Per keongnya yang jadi sumber bunyi karena mangkuk dudukan atas karetnya ada yg bolong, sehingga Per bersentuhan langsung dgn Besi Mankuk, untuk shock breaker perlu segera menggantinya dan jangan lakukan penyuntikan, atau membeli seken karena tidak akan tahan lama.
Langkah ke tiga, kita mencoba melihat bagian dalam dari stir dongkrak bagian depan mobil kemudian Putar perlahan roda kemudi ke kanan dan ke kiri, rasakan, apakah ada kelainan suara ataupun gesekan benda pada column steering. Jika terasa adanya gesekan dan kelainan suara lakukan pembongkaran pada steering column. Hal yang mungkin terjadi adalah As atau steering column bengkok. bearing bushing steering column rusak / habis Cross joint pada steering column macet. Hal ini yang paling sering terjadi, coba gerakan cross joint steering ke kanan dan ke kiri, pastikan dapat bergerak dengan lancar tidak ada gangguan.
Selanjutnya check boot steering rack dan Pastikan tidak ada kerusakan . Seringkali boot steering rack rusak, yang mengakibatkan debu /kotoran masuk kedalam steering rack. Pada type manual, steering rack dilumasi menggunakan grease/gemuk, debu atau kotoran sangat mudah menempel jika boot rusak. Jika hal ini terjadi anda harus membersihkan steering rack kemudian mengganti dengan boot yang baru.
langkah berikutnya adalah dengan mengceck kapak kapak atau lengan ayun atau lower arm, karena disini ada juga karet bushing menahan lengan ayun agar dapat bergerak bebas, apabila kdudukan bushing sudah aus (koyak yang melebar) segera ganti dengan yang baru, dan jangan coba di las untuk memperkecil kekoyakan bahkan di las mati, karena tidak akan bertahan lama.
yang terakhir adalah ban atau roda.. gunakan ban yang seimbang kembangannya dan mengecek tekanan angin ban anda kami menggunakan tekanan angin 30 dengan ukuran roda 16/195/50 gunakan velg yang baik dan tidak bengkok, serta lakukan spooring untuk menyetel roda depan sejajar.
Demikian pengalaman kami menggunakan corolla dx, dan Alhamdulillah saat ini tidak ada masalah yang berarti setelah mengganti komponen yang telah aus, dan pastikan anda yang membeli sendiri onderdilnya, dan pakailah onderdil yang di sarankan, jgn tergiur harga murah tapi tidak berkualitas Semoga bermanfaat
Sumber : Dari pengalaman pribadi dan beberapa kutipan dari google, dan foto foto dari google
Tidak ada komentar:
Posting Komentar