Assalamu'alaikum wr wb
Hai! Dixie mania, kali ini saya akan membahas seputar mobil kesayangan kita si Dixie susah di stater pada pagi hari atau setelah di tinggal cukup lama, nah mungkin sobat Dixie perlu memperhatikan apa apa saja penyebabnya.?
Mengalami kesulitan menyetarter mobil saat pagi hari atau kondisi mesin sedang dingin? bahkan mungkin setelah di dorong pun si dixie enggan hidup, nah mungkin hal berikut dapat menjadi perhatian Pada umumnya, masalah mobil susah hidup di pagi hari terjadi pada mesin bensin yang masih menggunakan sistem karburator seperti si dixie ini.
Kondisi ini wajar dan sudah umum, penyebabnya karena pengabutan bensin yang berada di ruang pembakaran mesin setelah menginap semalam sudah tidak sensitif lagi sehingga perlu suplay pengabutan bensin yang baru dengan cara sebagai berikut. Kontak pada posisi on dulu. Biarkan pompa bensin bekerja kurang lebih beberapa detik. kemudian kocok-kocok pedal gas 2-3 kali dan kemudian di starter. Jika sudah menyambar tapi belum hidup, kocok lagi pedal gas dan distarter lagi. Biasanya menyambar dan mesin hidup. Ini untuk mobil yang tergolong normal. Mobil tergolong normal yang dimaksud disini adalah mobil yang kondisi warna businya coklat kering atau merah bata.
Bila sudah di kocok pun mobil tidak juga hidup bahkan cenderung banjir pada karburator, maka yang perlu menjadi perhatian adalah
1. Busi
Biasanya masalah busi kotor juga bisa menjadi persoalan yang sangat penting. Coba periksa bagian busi, jika kotor bersihkan dengan sikat kawat atau aplas, buka dan pasang busi dengan perlahan dan hati-hati agar tidak selek antara drat dengan busi. Cek juga kerenggangan pada busi terlalu rapat atau terlalu renggang. Gunkan kaliper cerah/feller gauge untuk mengecek kerenggangannya (untuk mobil DX 0,7 mm), jika busi mati atau lemah maka harus diganti.
Disamping busi yang kotor sebab lain adalah busi yang menghitam, busi hitam adalah sistem pembakaran yang tidak sempurna, untuk pembakaran sempurna busi menjadi colkat kering atau merah bata, hal ini gampang-gampang susah untuk di akali. Dikatakan susah kalau kompresi atau tekanan udara pada seher sudah lemah yaitu ring sehernya sudah aus. Ada sedikit rembesan oli yang ikut pada proses pembakaran yang menyebabkan pembakaran kurang sempurna.
2. Karburator
Check karburator apakah karburator sering banjir. Jika dikocok pedal gas atau di choike busi sering basah bensin itu pertanda pelampung karburator ada masalah, dan masalah karburator ini biasanya terjadi karena pencampuran bahan bakar minyak terlalu banyak atau banjir Selain itu setelan karburator yang tidak benar akan mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi boros dan permasalahan lain seputar engine stationer.
3. Pompa Bensin dan Tangki
Masalah lain yang berkaitan dengan karburator adalah rotax/pompa bensin, filter dan tangki bensin dan emua dharus dalam keadaan normal.
4. Bagian pengapian.
Mengecek dan mengganti bila perlu bagian pengapian. Bagian penting penyuplai setrum terbesar pada mobil selain aki adalah koil. Koil dengan kualitas baik apalagi original sangat menentukan pengapian pada busi. Kemudian delco check delco apakah sudah oblak atau masih baik, juga check platina dengan kerenggangan 0,40 mm, juga kabel busi apakah ada kebocoran atau storing akibatnya listrik tidak dipasok secara sempurna ke koil dan busi.
5. Klep
Masalah lain adalah Katup atau klep , fungsinya jelas sebagai pintu keluar masuk gas dari dan ke mesin. Karena hubungannya langsung dengan ruang bakar maka kebocoran juga bisa terjadi pada komponen ini. Biasanya kebocoran pada katup disebabkan karena posisi penutupan katup tidak pas yang bisa disebabkan kesalahan penyetelan ataupun karena antara daun katup dengan dudukanya tidak simetris. Akibat kebocoran ini, yakni pada tekanan kompresi yang drop. Imbasnya, mesin sulit hidup saat mesin dingin atau di pagi hari. Solusi yang perlu anda ambil yakni melakukan penyetelan ulang katup untuk mobil corolla DX ukuran katup Buang 0,23 mm dan katup hisap 0,13 mm , namun jika masalahnya ada pada dudukan katup, maka perlu dilakukan penyekiran. untuk penyetelan kerapatan klep si dixie bisa dilihat pada youtube
Nah Ngoo Thok
Wassalamu'alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar