Assalamu'alaikum Wr wb
Bearing roda merupakan suatu bagian penting dalam mobil. Untuk itulah bearing roda harus di jaga dengan baik, sebab jika terjadi longgar atau kerusakan pada bearing atau leher roda ini akan menimbulkan beberapa masalah yang mengganggu.
Untuk mengetahui ada atau tidaknya longgar atau kerusakan pada leher atau bearing roda mobil, tentu anda harus mengetahui cara cek kleher atau bearing yang rusak. Cara cek kleher atau bearing yang rusak ini dapat di lakukan dengan beberapa cara sebagai berikut :
#Suara
Kerusakan kleher atau bearing mobil ini dapat di deteksi dengan suara. Cara cek kleher atau bearing yang rusak dengan mendengarkan suaranya ini cukup efektif. Ciri-ciri terjadinya kerusakan pada kleher atau bearing roda adalah terdapatnya suara gemuruh.
Suara gemuruh yang di timbulkan akibat kerusakan kleher atau bearing ini biasanya akan terdengar semakin keras saat kecepatan mobil meningkat. Dan kerusakan pada kleher bagian ban depan adalah kerusakan yang paling mudah di deteksi karena suara gemuruhnya akan masuk lewat kabin bagian depan mobil.
Kecepatan mobil yang memungkinkan suara gemuruh tersebut semakin terdengar keras adalah saat mobil berjalan dengan kecepatan minimal 40 km/jam.
#Dongkrak
Cara cek kleher atau bearing yang rusak berikutnya adalah dengan mendongkrak mobil. Ketika mobil sudah di dongkrak, yang perlu anda lakukan berikutnya adalah memutar roda.
Ketika roda sedang dalam posisi berputar, segera pegang bagian shock breaker atau low arm nya. Untuk dapat mengetahui terjadinya kerusakan pada klher atau beating roda anda harus merasakan apakah ada getaran pada low arm tersebut.
Jika iya maka benar kalau bearing roda mobil anda sedang rusak. Selain itu, anda juga bisa mengetahui kerusakan bearing roda dengan melihat adanya gesekan antar logam yang tidak di beri pelumas.
#Putaran ban
Cara cek kleher atau bearing yang rusak berikut ini masih menggunakan dongkrak untuk alat bantunya. Saat mobil anda masih di dongkrak anda dapat mengecek kerusakan bearing dengan cara memegang ban mobil di bagian atas dengan satu tangan, lalu pegang bagian bawah ban dengan tangan lainnya.
Ketika sudah di pegang erat, putar roda tersebut. Dan jika ban sedang berputar terasa adanya perputaran dan pergerakan yang tidak wajar seperti oblak atau oleng maka bisa di pastikan bearing roda mobil anda sudah rusak.
Jika anda telah melakukan 3 cara cek kleher atau bearing yang rusak di atas, dan terbukti memang kelaher atau bearing roda mobil anda rusak maka sesegera mungkin bawa mobil anda ke bengkel dan segera ganti bearing roda mobil anda.
Sebelum kebengkel ada baiknya anda coba perbaiki kemungkinan besar cuma longgar... Buka roda yg oblak tadi, kemudia buka spi pengamannya, lepas juga ring pengamannya hingga kelihatan baut pengunci bearing, kencangkan baut bearing tadi dgn kunci 19 tapi ingat jangan terlalu kencang yg mengakibatkan roda bisa berat berputar, setelah selesai penguncian pasang kembali ring dan spi pengaman dan roda seperti semula.
Apabila telah di kunci kemudian test drive beberapa hari rasakan apakah ada kejanggalanrodadepanseperti tetap kembali seperti semula, ada kemungkinan bearing roda depan mobil aus dan perlu penggantian, berikut no serie bearing dari berbagai merk ternama made in Japan, untuk tehnik penggantian Bearing Depan Roda Corolla DX dapat di lihat Youtube kami
Demikan tips ini semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum wr wb
Untuk mengetahui ada atau tidaknya longgar atau kerusakan pada leher atau bearing roda mobil, tentu anda harus mengetahui cara cek kleher atau bearing yang rusak. Cara cek kleher atau bearing yang rusak ini dapat di lakukan dengan beberapa cara sebagai berikut :
#Suara
Kerusakan kleher atau bearing mobil ini dapat di deteksi dengan suara. Cara cek kleher atau bearing yang rusak dengan mendengarkan suaranya ini cukup efektif. Ciri-ciri terjadinya kerusakan pada kleher atau bearing roda adalah terdapatnya suara gemuruh.
Suara gemuruh yang di timbulkan akibat kerusakan kleher atau bearing ini biasanya akan terdengar semakin keras saat kecepatan mobil meningkat. Dan kerusakan pada kleher bagian ban depan adalah kerusakan yang paling mudah di deteksi karena suara gemuruhnya akan masuk lewat kabin bagian depan mobil.
Kecepatan mobil yang memungkinkan suara gemuruh tersebut semakin terdengar keras adalah saat mobil berjalan dengan kecepatan minimal 40 km/jam.
#Dongkrak
Cara cek kleher atau bearing yang rusak berikutnya adalah dengan mendongkrak mobil. Ketika mobil sudah di dongkrak, yang perlu anda lakukan berikutnya adalah memutar roda.
Ketika roda sedang dalam posisi berputar, segera pegang bagian shock breaker atau low arm nya. Untuk dapat mengetahui terjadinya kerusakan pada klher atau beating roda anda harus merasakan apakah ada getaran pada low arm tersebut.
Jika iya maka benar kalau bearing roda mobil anda sedang rusak. Selain itu, anda juga bisa mengetahui kerusakan bearing roda dengan melihat adanya gesekan antar logam yang tidak di beri pelumas.
#Putaran ban
Cara cek kleher atau bearing yang rusak berikut ini masih menggunakan dongkrak untuk alat bantunya. Saat mobil anda masih di dongkrak anda dapat mengecek kerusakan bearing dengan cara memegang ban mobil di bagian atas dengan satu tangan, lalu pegang bagian bawah ban dengan tangan lainnya.
Ketika sudah di pegang erat, putar roda tersebut. Dan jika ban sedang berputar terasa adanya perputaran dan pergerakan yang tidak wajar seperti oblak atau oleng maka bisa di pastikan bearing roda mobil anda sudah rusak.
Jika anda telah melakukan 3 cara cek kleher atau bearing yang rusak di atas, dan terbukti memang kelaher atau bearing roda mobil anda rusak maka sesegera mungkin bawa mobil anda ke bengkel dan segera ganti bearing roda mobil anda.
Sebelum kebengkel ada baiknya anda coba perbaiki kemungkinan besar cuma longgar... Buka roda yg oblak tadi, kemudia buka spi pengamannya, lepas juga ring pengamannya hingga kelihatan baut pengunci bearing, kencangkan baut bearing tadi dgn kunci 19 tapi ingat jangan terlalu kencang yg mengakibatkan roda bisa berat berputar, setelah selesai penguncian pasang kembali ring dan spi pengaman dan roda seperti semula.
Apabila telah di kunci kemudian test drive beberapa hari rasakan apakah ada kejanggalanrodadepanseperti tetap kembali seperti semula, ada kemungkinan bearing roda depan mobil aus dan perlu penggantian, berikut no serie bearing dari berbagai merk ternama made in Japan, untuk tehnik penggantian Bearing Depan Roda Corolla DX dapat di lihat Youtube kami
Bearing Roda Depan Dalam No Serie L 45449/L45410
Bearin Roda Depan Luar No Serie LM 1749/LM 1710Wassalamu'alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar