Jumat, 20 Maret 2020

Paking Head Cylinder Rusak

Assalamu'alaikum Wr Wb

Ciri-Ciri Gasket Cylinder Head Rusak



Tanda atau ciri-ciri terjadi kebocoran pada packing silinder head ini bisa diperiksa dengan menggunakan beberapa cara diantaranya adalah:



#Pertama, Pemeriksaan Manual



untuk pemeriksaan secara visual bisa dilakukan dengan cara menghidupkan mesin sampai temperatur kerja mesin dengan posisi tutup radiator dalam keadaan terbuka, perhatikan pada air yang ada di radiator akan terlihat gelembung udara yang terus menerus. Ini terjadi karena terjadi bocor pada packing antara silinder dengan water jacket. Ketika dalam kondisi ini jika bocor terlalu besar saat di gas mesin akan menyembur air dari radiator ke atas.


#Kedua, Air Radiator Bercampur Oli


Lakukan pemeriksaan air radiator jika terlihat ada oli pada air radiator artinya telah terjadi kebocoran antara saluran oli dan air.



#Ketiga, Check Dipstik



Check Dipstik sebaliknya jika oli mesin saat diperiksa dengan stik oli warna oli berubah jadi coklat susu sama halnya telah terjadi kebocoran pada packing.


#Keempat Check Busi


Check Busi yakni dengan melihat kondisi ruang bakar melalui warna busi yang terlihat basah oleh air.



#Kelima, Air Radiator Berkurang



Perhatikan dengan seksama harian jika air radiator selalu berkurang padahal tidak ada kebocoran radiator, bahkan air dalam tabung reservoir tidak terhisap.



#Keenam Asap Putih

Asap Putih Mengepul, Selain keluar merembes ke bagian bawah manifold, dalam kondisi yang lebih parah air pendingin bisa keluar ke dalam ruang bakar. Ingat, air pendingin juga memiliki tekanan sehingga saat mesin menyala tekanan air pendingin mampu mendorong air keluar ke berbagai arah termasuk kedalam ruang bakar.

Disamping itu, ada oli yang juga ikut bocor karena fungsi gasket ini juga sebagai perapat jalur oli dari blok silinder ke kepala silinder. Sehingga kalau ada oli dan air radiator masuk ke ruang bakar serta ikut terbakar maka akan menimbulkan kepulan asap putih. Kalau mobil anda sudah mengeluarkan asap putih atau kebiruan maka waspada segera cek mesin kendaraan anda.


# Ketujuh Mesin Sering Over Heating

Overheating adalah kondisi dimana suhu mesin melebihi suhu kerjanya dalam waktu yang tidak singkat. Ini bisa terjadi karena volume air radiator kurang. Penyebab air radiator kurang bisa karena air ini bocor melalui gasket yang rusak.Sehingga jelas, overheating tidak hanya terjadi saat radiator mobil bocor tapi saat packing kepala silinder bocor juga bisa terjadi overheating.

Semoga bermanfaat



Wis ngono thok



Wassalamualaikum Wr. Wb


sumber : otomotrip.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar