Kamis, 19 Maret 2020

Kenali Kerusakan Gardan Mobil

Assalamu'alaikum wr wb

Pada kesempatan ini saya akan membagi sebuah tulisan yang sangat menarik bagi kita penggemar otomotif umumnya dan pengguna baru pada khususnya, karena pengetahuan yang awan tentang kondisi kendaraan mengakibatkan celah kerusakan dini tidak bisaterdeteksi, pada kesempatan ini kita akan membahas Seputar Gardan Mobil dan analisa dini potensi kerusakannya

1. Dengarkan suara dari gardan saat mobil melaju

Cara ini bisa Anda lakukan dengan mematikan peranti audio yang ada di mobil. Kemudian buka kaca mobil dan jalankan kendaraan Anda di tempat yang sepi. Bila Anda mendengar ada suara gemerisik atau mendengung berarti ada permasalahan di gardan.

Suara itu diakibatkan oleh komponen yang ada di gardan mengalami gesekan hebat karena oli berkurang banyak atau bahkan habis. Namun, bisa juga dikarenakan jumlah oli masih cukup banyak namun tingkat viskositasnya sudah tidak sesuai dengan kualifikasi yang disyaratkan untuk gardan."Atau oli sudah aus atau istilahnya basi, sehingga tingkat keenceran atau kekentalannya tidak sesuai lagi dengan persyaratan," Itu bisa terjadi dikarenakan oleh bakteri atau reaksi dengan zat-zat lain.

Penyebab lainnya adalah karena mobil sering melintas di daerah berair yang mengandung garam atau tingkat keasaman tinggi. Bila Anda ingin melakukan antisipasi agar kejadian seperti itu tidak terjadi, ada baiknya melakukan penggantian oli gardan secara rutin. Maksimal setelah mobil menempuh jarak 40 ribu kilometer. Bila biasanya orang mengganti oli ini saat mengganti oli transmisi, sebaiknya tidak mengikuti kebiasaan itu. Artinya, meski oli transmisi bila saatnya ganti tetapi bila oli gardan telah harus ganti maka segera menggantinya.

2. Tetesan oli di bawah gardan

Kita juga sering melihat di bagian tutup gardan atau bagian lain ada rembesan atau tetesan oli. Sebaiknya jangan meremehkan hal itu. Bila rembesan atau tetesan terjadi saban hari, lama-kelamaan oli gardan akan berkurang dalam jumlah yang cukup signifikan.

Walhasil, komponen yang ada di gardan kekurangan minyak pelumas. Bila hal itu terjadi, maka gardan tidak akan berfungsi secara maksimal. "Akibatnya, sistem penggerak roda tidak bekerja. Bisa dibayangkan apa akibatnya, saat mobil melaju kencang tiba-tiba penggerak roda berhenti,"

Namun, tetesan atau rembesan oli juga menjadi pertanda bahwa oli sudah basi atau aus sehingga unsure-unsur pengikat molekul oli menurun drastis. Bila oli sudah seperti itu, tidak akan berfungsi maksimal dalam melumasi komponen.
Akibatnya, komponen juga cepat rusak atau tidak berfungsi maksimal. Saat ini banyak sekali jenis dan merek oli gardan di pasaran.

3. Cross Join Kopel.

Cross Joint akan mengalami kerusakan secara berkala, dan diganti dengan yang baru. Namun terkadang kondisi cross joint kurang terpantau, dan seringkali dibiarkan. Sehingga yoke yang menjadi tempatnya bertaut, mengalami kerusakan, apabila memasang kros join baru, tetap oblak. Dan bila tetap dipasang, maka kopel akan getar,”

Cara ekonomis untuk dapat mempergunakan yok yang kondisinya sudah tidak prima lagi adalah dengan pengelasan antara cross joint dengan yok. Tentu tidak asal-asalan, namun dengan ‘menitik’ rumah yok dengan selongsong cross joint, supaya selongsongnya tidak bergerak (oblak). Tujuan kita mengelas hanya untuk membuat selongsong kros joinnya tidak bergerak. Kondisi ini sama dengan yok dalam kondisi sempurna, dimana spi kros join hanya bertugas untuk menjaga selongsong cross joint tetap diam pada tempatnya,”

Pemasangan cross joint pada yok yang sudah tak lagi sempurna itu harus benar-benar lurus dan sejajar. Penggunaan las pada yok tentu akan menimbulkan permasalahan tersendiri pada saat penggantian cross joint. Untuk melepas cross joint dari tempatnya, harus terlebih dulu melepas titik lasnya.

Caranya dengan mengerinda titik las tersebut hingga benar-benar lepas, dan tidak lagi memegangi selongsong cross joint. Tetapi Solusi dengan pengelasan bukan tanpa masalah Akibatnya bisa lebih buruk lagi karenakan terdapat celah pada lubang cross joint, maka saat terjadi hentakan pada kopel, cross joint berpeluang patah, atau bearing bambunya berantakan,”


sumber
gooto.com/…/3…/dua-cara-mudah-memeriksa-kondisi-gardan-mobil
jip.gridoto.com/…/cross-joint-kopel-anda-rusak-nah-begini-c…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar