Assalamu'alaikum wr wb
Kita sering melihat kendaraan Corolla DX ntah itu punya kawan ataupun punya kita sendiri saat ini hanya menggunakan 1 tangkai wiper, banyak yang memperkirakan dinamo lemah, ini bisa juga sebagai penyebabnya tetapi jgn buru buru kita klaim bahwa dinamo wiper lemah, nah pada kesempatan kali ini saya akan share pengalaman saya sendiri, yg tadinya hanya pake 1 tangkai sekarang sudah bisa 2 tangkai, yuk kita simak bersama mudah mudahan bisa menjadi solusi bersama.
Sudah di pusingkan dgn keadaan wiper yg hanya mampu bekerja dgn 1 tangkai, apalagi keadan malam hari, dgn hujan dan Hidup AC, 1 tangkai saja lelet apalagi 2 tangkai, gak begerak sama sekali.
Belum lagi keadaan bosh wiper yg tengah udah pecah, dan terpaksa saat itu di ganjal kawat agar bisa tertahan posisi tegak, gak cukup sampai disitu putaran menjadi lambat.. aduh semprull tenan.
Saya coba mengganti wiper link 1 set, alhasil digantilah wiperlink yg lama dgn yg baru, ternyata wiperlink yg lama selain pecah juga udah seret dan yg di push ke dynamo nya juga sudah aus, nah penggantian wiper baru dgn harap harap cemas mudah mudahan bisa normal 2 tangkai, ternyata.. ambyarrrr, gak juga mampu motor menggerakkan 2 tangkai, tetapi dgn 1 tangkai lancar jaya.
Pusing deh, gimana nih, pikir pikir mungkin dynamo wiper udah lemah, bawa ke tukang dynamo, check dynamo wiper masih bagus, trus kasih saran makai relay tambahan jumper dari aki langsung, sehingga arus memadai.
Setelah dipasang relay, ada perubahan yg lumayan tapi kondisi tidak hidup lampu dan AC, waduh kalau malam hujan gimana juga, kan perlu lampu dan AC untuk hilangkan embun kaca.
Belum tuntas juga solusinya, mikir terus, eh beli stabilizer aki merk hybrid cx10 pro (stock tersedia di penulis harga IDR 400K) mulai ada perubahan tapi blm.maksimal, mau bergerak dgn baik pada kondisi awal tapi lama kelamaan akan melemah putarannya,.
Masih juga belum teratasi solusinya, beberapa informasi yg menyebutkan kalau altenator dx yg system cut off dgn otomat itu arus hanya 35 Ampere, dan tidak cukup besar untuk mengisi aki 65 Ampere, jadi solusinya harus ganti dgn yg model IC 75Ampere.
Belanja lagi beli Altenator kijang 7K tadinya sempat beli punya avanza, ternyata tukang dynamo gak pandai merubah posisi polynya sehingga tukar guling lah avanza dgn 7k,.
Setelah dipasang altenator 7k alhamdulillah semua jadi normal, tetapi bengkel dynamo nambahin kabel ground lagi yg cukup besar ke body mobil dari negatif Aki.
Tuntas semua persoalan wiper mampu bekerja pada kondisi putaran sedang dan cepat tetapi putaran idle memang sudah tidak bisa lagi.
Pertanyaannya? kenapa altenator bawaan dx gak mampu lagi membuat kelistrikan mobil bekerja normal?
jawabannya, tehnologi dulu dibuat untuk kondisi saat itu, blm ada tape dgn power gila gilaan, lampu besar juga pake watt yg gede, nah belum lagi kabel kabel yg ada saat ini udah termakan usia seiring dgn usianya si dixie, jadi kebocoran arus bisa terjadi dan ini yg membuat beberapa komponen kelistrikan tidak mampu bekerja dgn baik dan optimal
Kesimpulannya,
Ternyata arus yg kecil saat mengisi aki mempengaruhi pasokan listrik ke semua komponen lustrik mobil yg di pakai secara bersamaan dan menggunakan stabilizer hybrid cx 10 mengurangi beban aki secara maksimum dan mengoptimalkan penggunaan arus pada aki ke semua sektor kelistrikan mobil yg dipakai secara bersamaan.
Wis ngono thok
Wassalamualaikum wr wb
Sumber : Pengalaman pribadi
Foto nyulik punya om @david vincent sebagai pemanis tulisan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar