Minggu, 29 Maret 2020

Ciri Packing Head Cylinder Rusak

Assalamu'alaikum wr wb

Ciri ciri Gasket Cylinder Rusak

Assalamu'alaikum wr wb

Kita selalu mengkaitkan overheating pada kendaraan akibat radiator bocor, atau tidak menggunakan water coolant, bahkan ada yg bilang bilah kipas tetbalik, atau pakai electrik fan, nah pada kesempatan ini kita pokok bahasan adalah ovetheating akibat gasket cylinder head rusak. Hampir semua mesin mobil menggunakan sistem pendinginan air untuk menjaga suhu panas. Jadi, air menjadi "darah" yang menyalurkan panas dari sumber penghasil menuju akhir pelepasannya.

Yang menjadi masalah, tak jarang muncul gelembung udara di jalur air pendingin dan kita tidak tau kenapa terjadi gelembung udara pada radiator, Nah udara yang masuk ini bisa mengacaukan tekanan di dalam sistem pendinginan mesin dan akhirnya mengganggu tugas air mendinginkan mesin. Risiko mesin overheat, sangat tinggi, apalagi gejala awal.gelembung tidak kita sadari dan mobil tetap dipakai jalan.

Salah satu penyebab over heating adalah adanya Kebocoran yang terjadi pada packing silinder head dan ini sering menjadi penyebab overheating atau naik nya panas mesin berlebihan atau temperatur tinggi mesin dan sebaliknya juga seringnya terjadi overheating mempercepat kerusakan packing silinder Head. Packing silinder head atau gasket silinder head pada mesin merupakan pembatas antara blok mesin dengan silinder head.

Seperti yang dijelaskan diatas, salah satu fungsi gasket kepala silinder adalah untuk merapatkan jalur water jacket dari dalam blok silinder ke kepala silinder. Sehingga kalau ada kerusakan pada packing maka air dari dalam water jacket mampu merembes keluar. Rembesan ini akan terlihat dibawah intake dan exhaust manifold. kebocoran air radiator dibawah manifold ini bisa terjadi kalau gasket masih mengalami kerusakan ringan.

Packing silinder head juga berfungsi sebagai seal yang membatasi ruang bakar mesin yang bertekanan dan bersuhu tinggi. Sedangkan pada sisi yang lain disamping dinding silinder terdapat water jaket yang dilewati oleh air untuk pendingin atau air radiator yang memiliki tekanan dan suhu lebih rendah, dengan tekanan kerja sekitar 108 kpa dan suhu sekitar 100 derajat celsius. Packing silinder head ini juga berfungsi sebagai seal untuk oli mesin yang bersirkulasi dengan tekanan dan bersuhu sekitar 80-85 derajat celsius.

Ciri-Ciri Gasket Cylinder Head Rusak
Tanda atau ciri-ciri terjadi kebocoran pada packing silinder head ini bisa diperiksa dengan menggunakan beberapa cara diantaranya adalah:

#Pertama, Pemeriksaan Manual
untuk pemeriksaan secara visual bisa dilakukan dengan cara menghidupkan mesin sampai temperatur kerja mesin dengan posisi tutup radiator dalam keadaan terbuka, perhatikan pada air yang ada di radiator akan terlihat gelembung udara yang terus menerus. Ini terjadi karena terjadi bocor pada packing antara silinder dengan water jacket. Ketika dalam kondisi ini jika bocor terlalu besar saat di gas mesin akan menyembur air dari radiator ke atas.

#Kedua, Air Radiator Bercampur Oli
Lakukan pemeriksaan air radiator jika terlihat ada oli pada air radiator artinya telah terjadi kebocoran antara saluran oli dan air.

#Ketiga, Check Dipstik
Check Dipstik sebaliknya jika oli mesin saat diperiksa dengan stik oli warna oli berubah jadi coklat susu sama halnya telah terjadi kebocoran pada packing.

#Keempat Check Busi
Check Busi yakni dengan melihat kondisi ruang bakar melalui warna busi yang terlihat basah oleh air.

#Kelima, Air Radiator Berkurang
Perhatikan dengan seksama harian jika air radiator selalu berkurang padahal tidak ada kebocoran radiator, bahkan air dalam tabung reservoir tidak terhisap.
Asap putih mengepul dari knalpot

#Keenam Asap Putih
Asap Putih Mengepul, Selain keluar merembes ke bagian bawah manifold, dalam kondisi yang lebih parah air pendingin bisa keluar ke dalam ruang bakar. Ingat, air pendingin juga memiliki tekanan sehingga saat mesin menyala tekanan air pendingin mampu mendorong air keluar ke berbagai arah termasuk kedalam ruang bakar.
Disamping itu, ada oli yang juga ikut bocor karena fungsi gasket ini juga sebagai perapat jalur oli dari blok silinder ke kepala silinder. Sehingga kalau ada oli dan air radiator masuk ke ruang bakar serta ikut terbakar maka akan menimbulkan kepulan asap putih. Kalau mobil anda sudah mengeluarkan asap putih atau kebiruan maka waspada segera cek mesin kendaraan anda.

# Ketujuh Mesin Sering Over Heating
Overheating adalah kondisi dimana suhu mesin melebihi suhu kerjanya dalam waktu yang tidak singkat. Ini bisa terjadi karena volume air radiator kurang. Penyebab air radiator kurang bisa karena air ini bocor melalui gasket yang rusak.

Sehingga jelas, overheating tidak hanya terjadi saat radiator mobil bocor tapi saat packing kepala silinder bocor juga bisa terjadi overheating.

Semoga bermanfaat

Wis ngono thok
Wassalamualaikum Wr. Wb
sumber : otomotrip.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar